Arti allahummaghfirlahu warhamhu arab - Diangpedia

Arti allahummaghfirlahu warhamhu arab

Allahummaghfirlahu Warhamhu

Allahumaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fu'anhu adalah do'a dalam sholat jenazah pada takbir ketiga.

Didalam kehidupan, pasti akan tiba dimana ada kematian. Disaat itulah, bagi umat muslim diwajibkan untuk mengurusi orang yang telah meninggal dunia. Hukum mengurusi jenazah adalah "Fardhu Kifayah" yang artinya sebuah aktifitas dalam islam yang wajib dilakukan, tetapi jikalau sudah dilakukan oleh muslim yang lain, maka kewajiban ini gugur. Jika apabila tidak ada yang melaksanakan kewajiban itu, maka semua akan mendapat dosa.

Arti allahummaghfirlahu warhamhu arab

Mengurusi Jenazah

Mengurusi jenazah dilakukan secara bertahap. Mulai dari memandikan jenazah, mengkhafani jenazah, mensholati jenazah, serta menguburkan jenazah.

Arti Allahumaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fu'anhu

Ketika melakukan sholat jenazah, takbir pertama membaca Surat Al-Fatihah, takbir kedua membaca Sholawat Nabi, lalu takbir terakhir membaca ' Allahumaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fuanhu'.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ
Latin : Allahumaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fu'anhu

Artinya :
Ya Allah, ampunilah dia, belas kasihanilah dia, hapuskanlah dan ampunilah dosa-dosanya.

Bacaan Takbir Ketiga Secara Lengkap

Inilah merupakan bacaan takbir ketiga sholat jenazah secara lengkap :

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

Latin : "Allahumaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fu anhu, wa akrim nuzulahu wawassi' madkhalahu wa aghsilhu minal khathaayaa kamaa yunaqqats tsaubulabyadlu minad danas. Wa abdilhu daaraan khairam mind daarihi wa ahlan khairam min ahlihi wa as khilhul jannasta waaidzhu min `adsaabil qabri wa min `adsaabin naar".

Artinya :
Ya Allah, ampunilah dia, belas kasihanilah dia, hapuskanlah dan ampunilah dosa-dosanya, mulyakan tempatnya (ialah surga) dan luaskanlah kuburannya. Basuhkanlah kesalahan-kesalahannya sampai bersih sebagaimana bersihnya kain putih dari kotoran. Gantikanlah rumah lebih baik daripada rumahnya dahulu, keluarganya lebih baik dari yang dahulu, dan masukanlah ia ke surga dan jauhkanlah ia dari siksa kubur dan siksa neraka.
Itulah Arti allahumaghfirlahu warhamhu arab beserta artinya yang merupakan potongan dari do'a sholat jenazah pada takbir ketiga. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Arti allahummaghfirlahu warhamhu arab"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

© Copyright Diangpedia All Rights Reserved