La tahzan innallaha ma'ana arab dan artinya - Diangpedia

La tahzan innallaha ma'ana arab dan artinya

La Tahzan Innallaha Ma'ana

Setiap manusia pasti diberi cobaan oleh Allah SWT. Oleh sebab itu, Allah menguji hamba-Nya. Apakah hamba-Nya dapat sabar dan ikhlas dalam menghadapi ujian yang diberikan oleh-Nya.

Sementara, setiap manusia pasti diberikan cobaan dalam hidupnya. Entah itu cobaan yang berat ataupun yang ringan. Namun, ada satu hal yang membedakannya, yaitu seberapa sabar ia dalam menghadapi cobaan tersebut serta seberapa ikhlas ia mengahadapi cobaan tersebut.

Dengan adanya cobaan tersebut, manusia diharapkan agar senantiasa mengingat adanya Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Seperti ucapan Rasulullah kepada sahabatnya yaitu Abu Bakar Siddiq, " La tahzan innallaha ma'ana".

La tahzan innallaha ma'ana arab dan artinya


La Tahzan Innallaha Ma'ana, Arab dan Artinya

Dalam bahasa arab (لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا) yang memiliki arti sebagai berikut
Janganlah kamu bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita.
La tahzan innallaha ma'ana merupakan potongan dari Al-Qur'an Surat At-Taubah ayat 40 yang memiliki arti "Janganlah kamu bersedih, sesungguhnya Allah beserta kita".

Al-Qur'an Surat At-Taubah Ayat 40

La tahzan Innallaha Ma'ana adalah potongan dari Al-Quran Surat At-Taubah Ayat 40 sebagi berikut.

إِلَّا تَنْصُرُوهُ فَقَدْ نَصَرَهُ اللَّهُ إِذْ أَخْرَجَهُ الَّذِينَ كَفَرُوا ثَانِيَ اثْنَيْنِ إِذْ هُمَا فِي الْغَارِ إِذْ يَقُولُ لِصَاحِبِهِ لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا ۖ فَأَنْزَلَ اللَّهُ سَكِينَتَهُ عَلَيْهِ وَأَيَّدَهُ بِجُنُودٍ لَمْ تَرَوْهَا وَجَعَلَ كَلِمَةَ الَّذِينَ كَفَرُوا السُّفْلَىٰ ۗ وَكَلِمَةُ اللَّهِ هِيَ الْعُلْيَا ۗ وَاللَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

Latin : Illa tanshuruuhu faqad nasharahullahu idzakhrajahul-ladziina kafaruu tsaaniyaatsnaini idz humaa fiil ghaari idz yaquulu lishaahibihi laa tahzan innallaha ma'anaa fa-anzalallahu sakiinatahu 'alaihi wa-ai-yadahu bijunuudin lam tarauhaa waja'ala kalimatal-ladziina kafauussufla wakalimatullahi hiyal 'ulya wallahu 'aziizun hakiimun.

Artinya :
Jikalau kamu tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Makkah) mengeluarkannya (dari Makkah) sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya:"Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita". Maka Allah menurunkan keterangan-Nya kepada (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang kamu tidak melihatnya, dan Al-Qur'an menjadikan orang-orang kafir itulah yng rendah. Dan kalimat Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. At-Taubah:40)

Tafsir Quran Surat At-Taubah Ayat 40

Apabila kalian orang-orang mukmin tidak mau menolong Rasulullah SAW maupun menjawab seruannya untuk berjihad di jalan Allah, maka sebenarnya Allah telah menolongnya tanpa kalian, disaat orang musyrik mengusirnya dan Abu Bakar Radiallahu 'Anhu. Ketika itu keduanyanya bersembunyi di dalam Gua Sur untuk menghindari kejaram dari orang-orang kafir. Yaitu ketika Rasulullah SAW bersabda keoada sahabatnya, Abu Bakar Siddiq tatkala Ia mencemaskan beliau, kalau-kalau orang-orang musyrik berhasil menemukan beliau,"Jangan bersedih. Sesungguhnya Allah bersama kita melalui dukungan dan pertolongan-Nya". Kemudian Allah menurunkan ketentraman ke dalam hati Rasulullah, dan juga menurunkan bala tentara yang tidak bisa mereka lihat, yakni para malaikat untuk mendukung beliau. Dan Allah pun menjadikan kalimat orang-orang musyrik jatuh ketingkat terbawah dan membuat kalimat Allah naik ke tingkat tertinggi, ketika dia menjunjung tinggi agama Islam. Dan Allah Maha Perkasa di dalam Zat-Nya, kekuasaan-Nya, dan kerajaan-Nya. Tidak ada seorangpun yang dapat mengalahkan-Nya, lagi Maha Bijaksana dalam pengaturan-Nya, ketetapan-Nya, dan ketentuan syariat-Nya.

Referensi : Tafsirweb

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "La tahzan innallaha ma'ana arab dan artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

© Copyright Diangpedia All Rights Reserved