Wala taiasu arab dan artinya - Diangpedia

Wala taiasu arab dan artinya

Wala Taiasu 

Wala taiasu merupakan penggalan dari Al-Qur'an Surah Yusuf ayat 87. Surah yusuf merupakan surah ke 12 dalam Al-Qur'an. Surah Yusuf terdiri dari 111 ayat dan termasuk kedalam surah Makkiyah. Surah ini dinamakan Surah Yusuf karena titik berat dari isinya mengenai Riwayat Nabi Yusuf.

Surah Yusuf ayat 12 bercerita tentang Nabi Yakub dan Nabi Yusuf. Dimana isinya adalah sebagai berikut.

Sebagai Nabi dan Rasul, Nabi Yakub sebenarnya tahu Nabi Yusuf masih hidup, hanya saja Allah belum memberitahukan tempat keberadaannya. Untuk itulah Nabi Yakub meminta anak-anaknya mencari Yusuf dan menjemput bunyamin, wahai anak-anakku! Pergilah kamu kembali ke Mesir, dan carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya, Bunyamin, dan jangan kamu berputus asa dari rahmat dan pertolongan Allah. Sesungguhnya tidak ada yang berputus asa dari rahmat dan pertolongan Allah, melainkan hanyalah orang-orang yang kafir. Anak-anak Nabi Yakub lalu mempersiapkan diri untuk kembali berangkat ke Mesir.

Keberangkatan meraka kali ini bukn semata untuk menyelidiki keberadaaan Nabi Yusuf, melainkan juga untuk memperoleh bahan makanan, karena pada saat itu cadangan makanan mereka sudah menipis. Maka setelah menempuh perjalanan yamg melelahkan, sampailah mereka di Mesir, dan ketika mereka masuk ke tempat Nabi Yusuf, mereka berkata,"Wahai Al-Aziz yang mulia! kami dan keluarga kami di Kanaan telah ditimpa kesengsaraan karena paceklik berkepanjangan dan kami datang membawa barang-barang yang tidak berharga untuk ditukar dengan bahan makanan. Hanya itu yang kami miliki, maka kami bermohon, Wahai Al-Aziz yang mulia, penuhilah jatah gandum untuk kami, dan bersedekahlah kepada kami. Sesungguhnya Allah memberi balasan yang berlipat ganda kepada orang yang bersedekah.

Lantas apa arti wala taisu. Berikut ini merupakan penjelasannya.

Wala taiasu arab dan artinya


Al-Qur'an Surah Yusuf ayat 87

Wala taiasu merpakan penggalan dari Al-Qur'an Surah Yusuf ayat 87. Berikut merupakan tulisan arab dan artinya.

يَٰبَنِىَّ ٱذْهَبُوا۟ فَتَحَسَّسُوا۟ مِن يُوسُفَ وَأَخِيهِ وَلَا تَا۟يْـَٔسُوا۟ مِن رَّوْحِ ٱللَّهِ ۖ إِنَّهُۥ لَا يَا۟يْـَٔسُ مِن رَّوْحِ ٱللَّهِ إِلَّا ٱلْقَوْمُ ٱلْكَٰفِرُونَ

Latin : Ya baniyyaz-habu fa tahassasu miy yusufa wa akhihi wa la tau`asu mir rauhilah, innahu la yai`asu mir rauhillahi illal-qaumul-kafirun. (QS. Yusuf:87)

Artinya :
Hai anak-anakku, pergilah kamu, maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum kafir.(QS. Yusuf:87)

Tafsir Surah Yusuf ayat 87

Sang ayah berkata mereka,"Wahai anak-anakku! Pergilah kalian untuk mencari kabar tentang Yusuf dan saudaranya. Dan jangan pernah merasa putus asa terhadap pertolongan serta jalan keluar dari Allah kepada hamba. Orang yang merasa putus asa terhadap pertolongan Allah hanyalah orang-orang kafir, karena mereka tidak mengetahui besarnya kekuasaan Allah dan rahasia anugerah-Nya kepada hamba-hamba-Nya.

Tafsir Al-Mukhtasar/Markaz Tafsir Riyadh, dibawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

Ya'qub berkata,"Wahai anak-anakku, kembalilah kalian ke Mesir, dan carilah dengan seksama berita tentang Yusuf dan saudaranya. Dan janganlah kalian putus harapan dari rahmat Allah. Sesungguhnya tidak ada yang putus harapan dari Allah, kecuali orang-orang yang ingkar terhadap kekuasaanNya, yng kafir kepadaNya".

Tafsir Al-Muyassar/Kementrian Agama Saudi Arabia

Kemudian Ya'qub berkata kepada mereka dengan penuh keyakinan kepada rahmat Allah:"Wahai anak-anakku, pergilah ke negeri Mesir untuk mencari kabar tentang Yusuf dan dua saudaranya, dan janganlah kalian berputus asa dari rahmat Allah yang luas, karena tidak ada yang berputus asa dari rahmat-Nya melainkan orang yang mendustkan Allah".
Referensi: https://tafsirweb.com/3825-quran-surat-yusuf-ayat-87.html

Itulah arti wala taiasu yang merupakan penggalan dari Surah Yusuf ayat 87. Demikan penjelasan kali ini, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Wala taiasu arab dan artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

© Copyright Diangpedia All Rights Reserved