Subhanal malikil quddus arab dan artinya - Diangpedia

Subhanal malikil quddus arab dan artinya

Subhanal Malikil Quddus

Subhanal malikil quddus merupakan do'a setelah sholat witir yang dilakukan setelah sholat tarawih pada bulan ramadhan. Sholat witir merupakan sholat sunnah yang dikerjakan antara setelah sholat isya dan sebelum sholat subuh, dengan rakaat ganjil. Sholat ini dilakukan setelah sholat lainnya, seperti tarawih dan tahajjud.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling dinantikan oleh tiap-tiap muslim setiap tahunnya. Karena dibulan ini, kita dapat mendapatkan banyak pahala. Salah satunya adalah puasa ramadhan. Puasa ramadhan adalah puasa yang dilakukan saat bulan ramadhan. Dimulai saat terbitnya matahari, sampai terbenamnya matahari. Puasa hukumnya wajib bagi setiap muslim, jika pada saat puasa ramadhan menerima halangan (contoh bagi wanita adalah haid) maka diwajibkan pula untuk membayar hutang puasanya.

Subhanal malikil quddus arab dan artinya


Lantas apa arti subhanal malikil quddus? Berikut merupakan tulisan arab dan artinya

Subhanal Malikil Quddus Arab dan Artinya

Subhanal malikil quddus merupakan doa setelah sholat witir. Berikut merupakan tulisan arab dan artinya

سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ

Latin : Subhanal malikil qudduus

Artinya :
Maha Suci Tuhan yang Kudus". (HR. An-Nasa'i dan Ibnu Majah) 

Subhanal malikil quddus merupakan wirid dan do'a setelah sholat witir. Berikut ini  merupakan do'a setelah sholat tarawih dan sholat witir tulisan arab dan artinya

Do'a Setelah Sholat Tarawih

Sholat tarawih adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada bulan ramadhan saja. Waktu pelaksanaan sholat ini adalah selepas sholat isya, dan dilakukan secara berjamaah. 

Berikut merupakan urutan do'a setelah sholat tarawih

1. Membaca Syahadat

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ

Latin : Asyhadu alla ilahaillallah, dibaca 3x
Artinya :
Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah. 

2. Membaca Istighfar

أَسْتَغْفِر ُاللهَ

Latin : Astagfirullah, dibaca 3x
Artinya :
Aku mohon ampun kepada Allah SWT. 

3. Membaca Do'a Masuk Surga

اللّهُـمَّ إِنِّـي أَسْأَلُـكَ الجَـنَّةَ وأَعوذُ بِـكَ مِـنَ الـنّار

Latin : Allahumma inna as-alukal jannata audzubika minan-naar, dibaca 3x
Artinya :
Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku memohon surga kepadaMu dan berlindung kepadaMu dari siksa neraka

4. Do'a Lailatul Qodar

اَللهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Latin : Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul afwa fa' fu 'anni (dibaca sendiri oleh imam)
 "Allahumma innaka' afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu' anna. Ya karrim" dibaca 3x diikuti oleh jamaah.

Artinya :
Ya Allah sesungguhnya Engkau Sang Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah kami. Yang Maha Mulia. 

5. Membaca Do'a Kamilin

اَللهُمَّ اجْعَلْنَا بِالْإِيْمَانِ كَامِلِيْنَ. وَلِلْفَرَائِضِ مُؤَدِّيْنَ. وَلِلصَّلاَةِ حَافِظِيْنَ. وَلِلزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ. وَلِمَا عِنْدَكَ طَالِبِيْنَ. وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْنَ. وَبِالْهُدَى مُتَمَسِّكِيْنَ. وَعَنِ الَّلغْوِ مُعْرِضِيْنَ. وَفِى الدُّنْيَا زَاهِدِيْنَ. وَفِى اْلآخِرَةِ رَاغِبِيْنَ. وَبَالْقَضَاءِ رَاضِيْنَ. وَلِلنَّعْمَاءِ شَاكِرِيْنَ. وَعَلَى الْبَلاَءِ صَابِرِيْنَ. وَتَحْتَ لِوَاءِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ وَعَلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْنَ. وَإِلَى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ. وَمِنَ النَّارِ نَاجِيْنَ. وَعَلى سَرِيْرِالْكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ. وَبِحُوْرٍعِيْنٍ مُتَزَوِّجِيْنَ. وَمِنْ سُنْدُسٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ. وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آكِلِيْنَ. وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًّى شَارِبِيْنَ. بِأَكْوَابٍ وَّأَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِّنْ مَعِيْن. مَعَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَحَسُنَ أُولئِكَ رَفِيْقًا. ذلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا. اَللهُمَّ اجْعَلْنَا فِى هذِهِ اللَّيْلَةِ الشَّهْرِالشَّرِيْفَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ السُّعَدَاءِ الْمَقْبُوْلِيْنَ. وَلاَتَجْعَلْنَا مِنَ اْلأَشْقِيَاءِ الْمَرْدُوْدِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِه وَصَحْبِه أَجْمَعِيْنَ. بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ
Latin : Allahummaj'alna bil imani kamilin. Wa pil faraidli muaddin. Wa lish-shlati hafidhin. Wa liz-zakati fa'ilin. Wa lima 'indaka thalibin. Wa li  afwik rajin. Wa bil-huda mutamassikin. Wa anil laghwi mu' ridin. Wa fid-dunya zahdin. Wa fil 'akhirati raghibin. Wa bil-qadla'l radlin. Wa lin na' ma'l syakirin. Wa 'alal bala' i shabirin. Wa tahta liwa'i muhammadin shallallahu 'alaihi wasallam yaumal qiyamati sa'irina wa alal haudli waridin. Wa ilal jannati dakhilin. Wa minan nari najin. Wa 'ala sariirl karamati qa'idin. Wa bi hurun' in mutazawwajin. Wa min sundusin wa istabraqin wadibajin mutalabbisin. Wa min tha'amil jannati akilin. Wa min labanin wa 'asalin mushaffan syabirin. Bi akwabin wa abariqa qa ka'sin min ma' in. Ma'al ladzina an'amta 'alaihim minan nabiyyina wash shiddqina wasy syuhada'i wash shalihina wa hasuna ula'ika rafiqan. Dalikal fadl-lu minallahi wa kafa billahi 'aliman. Allahummaj'alna fi hadzihil lailatisy syahrisy syarifail mubarakah minas su'ada'il maqbulin. Wa la taj'alna minal asyqiya'il mardudin. Wa shallallahu 'ala sayyidina muhammadin wa alihi wa sahbihi ajma'in. Birahmatika ya arhamar rahimin wal hamdulillahi rabbil 'alamin.

Artinya :
Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang memenuhi kewajiban-kewajiban, yang memelihara sholat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisiMu, yang mengharapkan ampunanMu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling pada kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akhirat, yang ridha dengan qadlaMu (ketentuanMu), yang mensyukuri nikmat, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi muhammad, pada hari kiamat, yang mengunjungi telaga (Nabi Muhammad), yang masuk ke dalam surga, yang selamat dari api neraka, yang duduk di atas ranjang kemulian, yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra, yang makan-makanan surga, yang minum susu dan madu murni dengan gelas, cangkir dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari kalangan para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih. Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui. Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini termasuk orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya. Semoga Allah mencurahkan rahmatNya atas junjungan kami Muhammad, serta seluruh keluarga dan sahabat beliau. Berkat rahmatMu, wahai Yang Paling Penyayang diantara ynag penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. 

Do'a Setelah Sholat Witir 

Setelah dilaksanakan sholat tarawih, biasanya diikuti dengan sholat witir. Sholat witir adalah sholat sunnah yang dikerjakan antara sesudah sholat isya dan sebelum sholat subuh, dengan rakaat ganjil. Sholat ini dilakukan setelah sholat lainnya, seperti sholat tarawih dan sholat tahajjud. 

Berikut ini merupakan do'a setelah sholat witir

1. Subhanal malikil quddus

سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ

Latin : Subhanal malikil qudduus. (dibaca 3x)
Artinya :
Maha Suci Tuhan Yang Kudus".(HR. An-Nasa'i dan Ibnu Majah) 

2.  Dilanjutkan dengan membaca

سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّنَا وَرَبُّ المَلَائِكَةِ وَالرُّوْحِ

Latin : Subbuhun, quddusun, rabbuna wa rabbul mala'ikati war ruh. (dibaca 3x)
Artinya :
Suci dan qudus Tuhan Kami, Tuhan para malaikat dan Jibril". (HR. Al-Baihaqi dan Ad-Daruqutni). 

3. Tasbih

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ وَلاَ اِلَهَ إلاَّ اللهُ وَ اللهُ اَكْبَرُ

Latin : Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar, wa laa haula wa laa quwwata illa billah. (dibaca 3x)
Artinya :
Maha Suci Allah, segenap puji bagi allah, tiada Tuhan selain Allah dan Allah adalah Maha Besar. Dan tiada daya dan tiada kekuatan, melainkan dengan pertolongan Allah. 

4. Do'a setelah sholat witir

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ لاَ أُحْصِى ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ. أَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا وُضُؤَنَا صَلَاتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخَشُعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا أَللهُ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَ
Latin : Allahumma inni a'udzu bi raidhaoka min sakhotik wa bi mu'afaatika min 'uqubatik, wa a'udzu bika minka laa uh-shi tsanaa-an 'alaik, anta kamaa atsnaita 'ala nafsik. Allahumma rabbana taqabbal minna wudhu-ana, qasholatana, washiyamana, waqiyamana, qatakhosyu'ana, watadlorru'ana, wata'abbudana, watammim taqshirona, Ya allah, Ya Arhamar Rabimin. Washollallahu 'ala sayyidkna muhammadin wa 'ala alihi wa ashabihi ajma'iin. Wal hamdulillahi rabbil 'alamin.

Artinya :
Ya Allah, berlindunh dengan keridhaanMu dari kemarahanMu, dan dengan keselamatanMu dari hukumanMu dan aku berlindung kepadaMu dari siksaMu. Aku tidak (sanggup) membilang pujianMu sebanyak Kau memuji diriMu sendiri. Ya Allah, Tuhan kamo terimalah dari kami: wudhu, sholat, puasa, ibadah, kekhusyu'an, rendah diri dan ibadah kami, dan sempurnakanlah segala kekurangan kami.  Ya Allah, Tuhan yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih. Dan semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada makhlukNya yang terbaik, Nabi Muhammad SAW, demikian pula keluarga dan para sahabatnya secara keseluruhan. Serta segala puji milik Allah Tuhan semesta alam. 

Demikian penjelasan tentang subhanal malikil quddus yang artinya "Maha Suci Tuhan yang Kudus". (HR. An-Nasa'i dan Ibnu Majah). Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Subhanal malikil quddus arab dan artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

© Copyright Diangpedia All Rights Reserved