Allahumma antassalam tulisan arab dan artinya - Diangpedia

Allahumma antassalam tulisan arab dan artinya

Allahumma Antassalam

Allahumma antassalam adalah potongan bacaan dzikir yang dibaca setelah sholat. Do'a adalah ibadah dan do'a merupakan bentuk ikhtiar untuk meminta petunjuk dan pertolongan dari Allah.

Dzikir atau dzikr menurut bahasa artinya ingat, sedangkan dzikir menurut istilah adalah sebuah aktifitas untuk mengingat Allah dengan maksud untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Do'a dan dzikir setelah sholat sangat dianjurkan, karena do'a dan dzikir merupakan sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Maka dari itu, sebagai muslim yang taat kita tidak boleh lupa untuk selalu berdo'a dan berdzikir.

Lantas allahumma antassalam artinya apa? Berikut saya akan menjelaskan beserta tulisan arabnya.

Allahumma antassalam tulisan arab dan artinya


Allahumma Antassalam Tulisan Arab dan Artinya

Allahumma antassalam merupakan potongan dari bacaan dzikir. Yang bacaan aslinya adalah allahumma antassalam wa minkas salam tabarakta ya dzaljalali wal ikram. Allahuma antassalam arab dan artinya sebagi berikut,
اَللّهُمَّ اَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ يَاذَاْلجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ
Latin : Allahumma antassalam wa minkas salam tabarakta ya dzaljalli wal ikram.

Artinya : 
Ya Allah, Engkaulah As-Salaam (Yang selamat dari kejelek-helekan, kekurangan-kekurangan dan kerusakan kerusaman) dan dari-Mu as-salaam (keselamatan), Maha Berkah Engkau Wahai Zat Yang Maha Agung dan Maha baik.(HR. Muslim)

Dan jika dipakai sabagai Do'a Selamat adalah sebagai berikut

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلاَمُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلاَمِ وَأَدْ خِلْنَ الْجَنَّةَ دَارَ السَّلاَمِ تَبَرَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَا لَيْتَ يَاذَالْجَلاَلِ وَالْأِ كْرَامِ

Latin : Allahumma antas-salam wa minkas-salam wa ilaika ya'udus-salam fa hayyina rabbana bis-salam wa adkhilna-jannata daras-salam tabarakta rabbana wa ta'alaita ya dzal-jalali wal-ikram

Artinya :
Ya Allah, Engkau adalah Zat yang mempunyai kesejahteraan dan dari-Mu kesejahteraan itu kepada-Mu akan kembali lagi segala kesejahteraan itu, Ya Tuhan kami, hidupkanlah kami dengan sejahtera. Masukanlah kami ke dalam surga kampung kesejahteraan. Engkaulah yang berkuasa memberi berkah yang banyak dan Engkaulah Yang Maha Tinggi, wahai Zat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.

Dari pengertian diatas, intinya sama, dua-duanya merupakan bacaan dzikir setelah sholat. Dan dapat disimpulkan jika "Allahumma antassalam adalah potongan dari bacaan dzikir atau bisa juga potongan dari do'a selamat. Itulah penjelasan dari Allahumma antassalam wa minkas salam yang dapat saya jelaskan. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Allahumma antassalam tulisan arab dan artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

© Copyright Diangpedia All Rights Reserved