Arti Laa Yukallifullahu Nafsan Illa Wus'aha arab - Diangpedia

Arti Laa Yukallifullahu Nafsan Illa Wus'aha arab

Laa Yukallifullahu Nafsan Illa Wus'aha

Laa yukallifullahu nafsan illa wus'aha merupakan penggalan dari surat Al-Baqarah ayat 286. Lebih lengkapnya adalah, "Laa yukallifullāhu nafsan illaa wus'ahaa, lahaa maa kasabat wa 'alaihaa maktasabat, rabbanaa laa tu`ākhiżnaa in nasiinaa au akhṭa`naa, rabbanaa wa lā taḥmil 'alainaa iṣrang kamaa ḥamaltahụ 'alallażiina ming qablinaa, rabbanaa wa laa tuḥammilnaa maa laa ṭaaqata lanaa bih, wa'fu 'annaa, wagfir lanaa, war-ḥamnaa, anta maulaanaa fanṣurnaa 'alal-qaumil-kaafiriin".

Sedikit penjelasan tentang surat Al-Baqarah, surat Al-Baqarah merupakan surat Madaniyah atau surat yang diturunkan setelah Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah. Surat Al-Baqarah adalah surat ke dua dalam Al-Qur'an. Terdiri atas 286 ayat, tepatnya pada Juz 1 (ayat 1-141), Juz 2 (ayat 142-252), Juz 3 (253-286). Dinamakan Al-Baqarah yang artinya Sapi Betina karena di dalam surat ini terdapat kisah penyembelihan sapi betina yang diperintahkan Allah SWT kepada Bani Israil (ayat 67-74).

Semua manusia pasti dihadapkan dengan masalah atau cobaan yang datang. Tiada satupun manusia yang lahir di dunia ini tanpa dihadapkan dengan cobaan atau permasalahan. "Allah sedang menguji kita", begitulah sebabnya kita dihadapkan dengan cobaan. Apakah kita mampu melalui itu semua dengan sabar. Kunci dari kesabaran adalah menahan lisan dengan keluhan. Allah tidak memerintahkan hamba-hamba-Nya dengan hal-hal yang berat, namun Dia memerintahkan sesuai dengan kemampuan. Barang siapa yang memulai kebaikan, akan mendapatkan kebaikan dan barang siapa yang memulai keburukan, akan mendapatkan keburukan.

Arti laa yukallifullahu nafsan illa wus'aha


Pengertian Sabar Secara Singkat

Sabar berasal dari bahasa arab yaitu, sobaro dan yasbiru, yang artinya menahan. Sedangkat menurut istilah, sabar merupakan sifat menahan diri dari segala bentuk kesulitan, kesedihan atau menahan diri dari permasalahan yang datang.

Arti Laa Yukallifullahu Nafsan Illa Wus'aha

Laa yukallifullahu nafsan illa wus'aha tulisan arab beserta artinya merupakan potongan ayat dari surat Al-baqarah ayat 286 sebagai berikut,

لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا

Latin : Laa yukallifullāhu nafsan illaa wus'ahaa

Artinya :
Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.(QS. Al-Baqarah:286)

Sedangkan Surat Al-Baqarah ayat 286 secara lengkap adalah sebagai berikut,

لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا ٱكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ إِن نَّسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُۥ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦ ۖ وَٱعْفُ عَنَّا وَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَآ ۚ أَنتَ مَوْلَىٰنَا فَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

Latin : Laa yukallifullāhu nafsan illaa wus'ahaa, lahaa maa kasabat wa 'alaihaa maktasabat, rabbanaa laa tu`ākhiżnaa in nasiinaa au akhṭa`naa, rabbanaa wa lā taḥmil 'alainaa iṣrang kamaa ḥamaltahụ 'alallażiina ming qablinaa, rabbanaa wa laa tuḥammilnaa maa laa ṭaaqata lanaa bih, wa'fu 'annaa, wagfir lanaa, war-ḥamnaa, anta maulaanaa fanṣurnaa 'alal-qaumil-kaafiriin

Artinya :
Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatannya) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya tuhn kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.(QS. Al-Baqarah:286)

Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 286

Tafsir Al-Muyassar (Kementrian Agama Saudi Arabia) sebagai berikut,

Allah tidak memerintahkan hamba-hamba-Nya dengan hal-hal yang berat, diluar kemampuan manusia. Namun Dia memerintahkan sesuai dengn kemampuan. Barangsiapa yang melakukan kebaikan akan mendapat kebaikan, dan barangsiapa yang melakukan keburukan akan mendapat keburukan. Allah mengajarkan hamba-hamba-Nya doa:"Hai pencipta kami, janganlah Engkau menyiksa kami akibat sifat lupa dan tersalah kami, janganlah Engkau membebankan kepada kami urusan yang berat yang telah Engkau bebankan kepada orang-orang bebal sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau membebankan apa yang tidak mampu kami lakukan. Maafkanlah kami dan ampuni dosa-dosa kami serta rahmati kami dengan rahmat-Mu yang Maha Luas. Engkaulah pengatur urusan kami, maka tolonglah kami dalam menghadapi orang-orang yang mengingkari-Mu.(QS. Al-Baqarah:286). Referensi : https://tafsirweb.com/1052-quran-surat-al-baqarah-ayat-286.html

Dari sini bisa disimpulkan bahwa laa yukallifullahu nafsan illa wus'aha artinya Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kemampuannya atau kesanggupannya. Itulah yang bisa saya jelaskan tentang arti la yukallifullahu nafsan illa wus'aha. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Arti Laa Yukallifullahu Nafsan Illa Wus'aha arab"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

© Copyright Diangpedia All Rights Reserved