Ayat dan arti innallaha ma'ashobirin - Diangpedia

Ayat dan arti innallaha ma'ashobirin

Innallaha Ma'ashobirin

Membahas tentang arti innallaha ma'ashobirin, tentu kita juga akan membahas tentang kesabaran. Karena keduanya saling terhubung, sebab tidak ada keimanan yang tidak disertai kesabaran.

Sabar merupakan sifat paling disukai oleh Allah SWT. Orang yang bersikap sabar akan mendapatkan manfaat dari kesabarannya tersebut. Semisal orang yang tidak mempunyai sifat sabar akan gampang menyesali apa yang telah ia buat, tanpa adanya berpikir dan sabar menunggu.

Sabar juga bisa merubah suatu kondisi, baik pribadi ataupun sosial. Sebagian orang memandang kesabaran sebagai hal yang biasa. Tapi sebenarnya kesabaran merupakan sebagian dari iman. Tidak ada yang namanya keimanan tanpa adanya kesabaran, sebagaimana tidak adanya jasan tanpa adanya kepala.

Ayat dan arti innallaha ma'ashobirin


Definisi Sabar

Dilihat dari segi bahasa, sabar artinya menahan atau bisa disebut dengan mengekang. Menurut istilah, sabar adalah suatu sifat menahan emosi dan keinginan, serta menahan diri agar tidak mengeluh.

Arti sabar jika dilihat dari sudut pandang Islam sebagi berikut. Sabar berasal dari bahasa arab, yaitu sobaro yasbiru yang berarti menahan. Sedangkan arti sabar menurut islam adalah menahan diri dari sesuatu hal yang tidak di sukai karena mengharap ridho dari Allah.

Sabar di dalam islam saling berhubungan dengan penggalan ayat innallaha ma'ashobirin. Lantas innallaha ma'ashobirin artinya apa ?

Innallaha Ma'ashobirin Artinya

Innallaha ma'ashobirin merupakan penggalan ayat dari Al-Qur'an Surah Al-Baqarah Ayat 153. Penggalan dari ayat tersebut adalah sebagai berikut, Innalaha ma'ashobirin arab

إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ

Latin : Innallaha ma'ashobirin

Artinya :

Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.
Sedangkan Surah Al-Baqarah Ayat 153 secara lengkap adalah sebagai berikut,


يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ


Latin : Ya ayyuhallazina amanustainu bis-sabri was-salah, innallaha ma'as-sabirin

Artinya : 
Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.(Q.S. Al-Baqarah:153)

 

Tafsir Qur'an Surat Al-Baqarah Ayat 153

Wahai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan dengan kesabaran dan shalat untuk melakukan ketaatan kepada-Ku dan tunduk pada perintah-Ku. Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar. Dia senantiasa membimbing dan menolong mereka.

Tafsir Al Mukhtasar/Markaz Tafsir Riyadh, dibawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

Wahai sekalian orang-orang yang beriman, mintalah bantuan dari Allah dalam seluruh urusan kalian dengan bersabar dalam menghadapi berbagai bala dan musibah, dan bersabar dalam meninggalkan maksiat-maksiat dan dosa-dosa, serta bersabar dalam menjalankan ketaatan dan ibadah-ibadah serta amalan-amalan yang mendekatkan diri kepada Allah, dan dengan shalat yang menyebabkan jiwa-jiwa menjadi tentram, serta dapat menahan diri dari perbuatan keji dan munkar. Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bersabar dengan pertolongan-Nya, taufik dan tuntunan-Nya kepada jalan yang lurus. Dalam ayat ini terdapat dalil penetapan "Ma'iyyah" (Kebersamaan) Allah yang khusus bagi kaum Mukminin, yang daoat mendatangkan apa yang telah disebutkan. Adapun "ma'iyah" (kebersamaan) yang bersifat umum yang bermakna mengetahui dan meliputi, maka itu berlaku umum pada semua makhluk.
Referensi : https://tafsirweb.com/620-quran-surat-al-baqarah-ayat-153.html

Dalam mengahadapi cobaan atau rintangan hidup, cobalah untuk bersabar. Karena sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar. Itulah innallaha ma'ashobirin tulisan arab dan artinya yang dapat di simpulakan jika kita dapat bersabar, maka Allah akan bersama dengan kita. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ayat dan arti innallaha ma'ashobirin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

© Copyright Diangpedia All Rights Reserved