Arti Rabbukum A'lamu Bima Fi Nufusikum - Diangpedia

Arti Rabbukum A'lamu Bima Fi Nufusikum

Rabbukum A'lamu Bima Fi Nufusikum

Rabbukum a'lamu bima fi nufusikum merupakan potongan ayat dari Surat Al-Isra pada ayat ke 25. Surah Al-isra atau dalam bahasa arab (الإسرا) merupakan Surah ke 17 dalam Al-Qur'an, dan terdiri dari 111 ayat. Surah Al-Isra termasuk ke dalam surah Makkiyah.

Surah Al-Isra yang berarti perjalanan malam atau bisa juga diartikan memperjalankan di malam hari. Surah ini juga mempunyai nama lain, yaitu bernama Surah Bani Israel.

Arti Rabbukum A'lamu Bima Fi Nufusikum


Kenapa dikaitkan dengan Bani Israel? Sebab, pada ayat 2, 3, 101, 104, Allah menyebutkan tentang Bani Israel yang dahulu menjadi bangsa kuat dan besar, lalu berubah menjadi bangsa terhina setelah menyimpang dari ajaran Allah SWT.

Lantas apa arti rabbukum a'lamu bima fi nusfusikum ? Disini kita akan membahas tentang arti dan tulisan arabnya, serta tafsirnya.

Arti Rabbukum A'lamu Bima Fi Nusfusikum

Rabbukum a'lamu bima fi nufusikum arab

رَّبُّكُمْ أَعْلَمُ بِمَا فِى نُفُوسِكُمْ

Latin : Rabbukum a'lamu bima fi nufusikum

Artinya :
Tuhanmu lebih mengetahui apa yang ada dalam hatimu

Rabbukum a'lamu bima fi nufusikum merupakan potongan dari Surat Al-Isra ayat 25 sebagai berikut

رَّبُّكُمْ أَعْلَمُ بِمَا فِى نُفُوسِكُمْ ۚ إِن تَكُونُوا۟ صَٰلِحِينَ فَإِنَّهُۥ كَانَ لِلْأَوَّٰبِينَ غَفُورًا

Latin : Rabbukum a'lamu bima fi nufusikum, in takunu saliha fa innahu kana lil-awwabina gafura

Artinya : 
Tuhanmu lebih mengetahui apa yang ada dalam hatimu; jika kamu orang-orang yang baik, maka sesungguhnya Dia Maha Pengampun bagi orang-orang yang bertaubat. (Q.S Al-Isra:25)

Tafsir Surat Al-Isra Ayat 25

Wahai manusia! Tuhan kalian lebih mengetahui apa yang ada dalam hati kalian berupa sifat ikhlas dalam beribadah, beramal kebajikan, dan berbakti kepada kedua orang tua, sebab jika niat ibadah dan pergaulan baik dengan orang tua atau selain mereka berdua baik maka Dia sungguh Maha Pengampun atas orang-orang yang senantiasa memohon taubat dan ampunan pada-Nya. Sehingga barangsiapa yang bertaubat dari kelalaiannya sebelumnya dalam ketaatan terhadap Tuhannya, dan kebaktiannya terhadap orang tuanya, niscaya Allah mengampuninya.

Itulah arti rabbukum a'lamu bima fi nufusikum yang ternyata merupakan potongan dari Surat Al-Isra ayat 25. Semoga bermanfaat.

Referensi : https://tafsirweb.com/4629-quran-surat-al-isra-ayat-25.html

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Arti Rabbukum A'lamu Bima Fi Nufusikum"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

© Copyright Diangpedia All Rights Reserved