Apa arti lauhul mahfudz - Diangpedia

Apa arti lauhul mahfudz

Lauhul Mahfudz

Dalam Al-Qur'an, Allah menyatakan bahwa lauhul mahfudz sudah ada sebelum dunia diciptakan. Mahfudz berarti terpelihara atau tidak rusak serta tidak berubah. 

Didalam Al-Qur'an disebut "Ummul Kitab" yang berarti induk kitab. (Kitaabun Hafiidz) yang berarti, Kitab yang mencatat atau memelihara. (Kitaabun Maknuun) yang berarti, Kitab yang terpelihara. Juga bisa disebut sebagai (Kitaabun Min Qabli) yang berarti kitab ketetapan.

Apa arti lauhul mahfudz


Apa Arti Lauhul Mahfudz?

Atau dalam bahasa arabnya (لَوْحٍ مَحْفُوظٍ ) adalah kitab atau catatan dimana Allah menciptakan atau menuliskan takdir seluruh makhluk sebelum mereka diciptakan oleh Allah.

Qur'an Surat Al-An'am Ayat 59

Lauhul Mahfudz juga terdapat apada Qur'an Surat Al-An'am ayat 59 sebagai berikut,

۞ وَعِندَهُۥ مَفَاتِحُ ٱلْغَيْبِ لَا يَعْلَمُهَآ إِلَّا هُوَ ۚ وَيَعْلَمُ مَا فِى ٱلْبَرِّ وَٱلْبَحْرِ ۚ وَمَا تَسْقُطُ مِن وَرَقَةٍ إِلَّا يَعْلَمُهَا وَلَا حَبَّةٍ فِى ظُلُمَٰتِ ٱلْأَرْضِ وَلَا رَطْبٍ وَلَا يَابِسٍ إِلَّا فِى كِتَٰبٍ مُّبِينٍ


Latin : Wa 'indahu mafatihul-gaibi la ya'lamuha illa huw, wa ya'lamu ma fil-barri wal-bahr, wa ma tasqutu miw waraqatin illa ya'lamuha wa la habbatin fi zulumatil-ardi wa la ratbiw wa la yabisin illa fi kitabim mubin (Q.S. Al-An'am:59)

Artinya :
Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahui kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tidada sehelai daun pun yng gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)

Tafsir Qur'an Surat Al-An'am Ayat 59

Hanya di sisi Allah-lah perbendaharaan perkara gaib. Tidak ada yang mengetahuinya selain Allah. Dia mengetahui semua makhluk yang ada di darat seperti hewan, tumbuhan, dan benda mati. Dia juga mengetahui segala macam hewan dan tumbuhan yang ada di lautan. Dan dia juga mengetahui setiap daun yang jatuh di mana pun adanya. Tidak ada satu biji pun bisa tersembunyi di bumi, tidak ada sesuatu yang basah, dan tidak ada sesuatu yang kering melainkan sudah ditetapkan di dalam tulisan yang jelas, yaitu Loh Mahfuz.
ReferensiTafsirweb

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa arti lauhul mahfudz"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

© Copyright Diangpedia All Rights Reserved