Arti rabbana atina fiddunya hasanah arab - Diangpedia

Arti rabbana atina fiddunya hasanah arab

Rabbana Atina Fiddunya Hasanah

Rabbana atina fiddunya hasanah merupakan potongan ayat dari Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 201. Namun ada juga yang menyebutnya dengan "Do'a Sapu Jagat".

Do'a sapu jagat merupakan do'a yang mencakup dunia dan akhirat. Dan do'a sapu jagat ini juga paling sering dibaca oleh Nabi Muhammad SAW.

Nabi Muhammad SAW melakukan i'tikaf di sepuluh malam terakhir pada bulan ramadhan. Beliau melakukan tadarus dan berdoa. Salah satu doa yang paling sering beliau baca adalah "rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil akhirati hasanah wa qina 'adzabannar".

Malam lailatul qadar atau lailat al-qadar dalam bahasa arab لَيْلَةِ الْقَدْرِ adalah malam ketetapan. Sedangkan menurut istilah, lailatul qadar merupakan satu malam di bulan suci ramadhan. Dalam Al-Qur'an, malam lailatul qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bintang. Serta merupakan malam dimana diturunkannya Al-Qur'an kepada Nabi Muhammad SAW.

Arti rabbana atina fiddunya hasanah arab


Lantas apa arti rabbana atina fiddunya hasanah ? Berikut merupakan arti beserta tulisan arabnya

Rabbana Atina Fiddunya Hasanah Arab dan Artinya

Rabbana atina fiddunya hasanah bisa diartikan sebagai doa sapu jagat. Namun doa itu merupakan potongan ayat dari Surat Al-Baqarah ayat 201. Sehingga, disini saya akan memisahkan antara doa sapu jagat dan Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 201.

Berikut ini merupakan Do'a Sapu Jagat

رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِى ٱلدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى ٱلْءَاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ

Latin : Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil akhirati hasanah wa qina adzabannar

Artinya :
Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka

Sedangkan Al-Qur'an Surat Al-Baqarah Ayat 201 adalah sebagai berikut

وَمِنْهُم مَّن يَقُولُ رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِى ٱلدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى ٱلْءَاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ
Latin : Wa min-hum may yaqulu rabbana atina fid-dun-ya hasanataw wa fil-akhirati hasanataw wa qina 'azaban-nar (QS. Al-Baqarah:201).

Artinya :
Dan diantara mereka ada orang yang berdoa: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dn perihalah kami dari siksa neraka (QS. Al-Baqarah:201).

Tafsir Al-Qur'an Surat Al-Baqarah Ayat 201

Dan ada golongan manusia beriman keoada Allah dan hari akhir. Maka dia meminta keoada Rabbnya agar diberikan kenikmatan hidup dan beramal saleh selama di dunia. Dia juga meminta kepada-Nya agar diberikan kesempatan untuk meraih surga dan selamat dari azab neraka.

Tafsir Al-Mukhtasar/Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Ayaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid(Imam Masjidil Haram)

Dan diantara manusia ada kelompok orang mukmin yang mengucapkan dalam doanya,"Wahai Tuhan kami, berikanlah kepada kami di dunia ini keselamatan, rizki, ilmu yang bermanfaat, amal shalih dan lainnya dari perkara-perkara agama dan dunia, dan di akhirat berikanlah kami surga, dan jauhkanlah dari kami siksaan neraka." Dan doa ini termasuk doa yang paling lengkap isinya oleh karena itu, Nabi dahulu sering membacanya sebagaimana diriwayatkan dalam kitab shahihain.

Tafsir Al-Muyasar / Kementrian Agama Saudi Arabia

Dan diantara manusia terdapat sekelompok orang beriman yang memohon kepada Allah kenikmatan dunia serta memohon agar mendapat suraga di akhirat dan agar dijauhkan dari azab neraka. 

Itulah penjelasan tentang arti rabbana atina fiddunya hasanah yang ternyata merupakan potongan dari Surat Al-Baqarah ayat 201 dan bisa juga disebut sebagai doa sapu jagat. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Arti rabbana atina fiddunya hasanah arab"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

© Copyright Diangpedia All Rights Reserved