Lain syakartum laazidannakum artinya - Diangpedia

Lain syakartum laazidannakum artinya

Lain Syakartum Laazidannakum

Lain syakartum laazidannakum merupakan potongan ayat dari Qur'an Surat Ibrahim ayat ke 7. Surat Ibrahim adalah surat ke 14 dalam Al-Qur'an, terdiri atas 52 ayat dan tergolong ke dalam Surah Makkiyah. Karena diturunkn di makkah sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah.

Sebagai seorang muslim, kita harus banyak bersyukur. Bersyukur menurut islam adalah wujud terima kasih atas nikmat yang telah Allah SWT berikan kepada kita. Entah itu bersyukur melalui do'a ataupun perbuatan.

Bersyukur juga merupakan ke dalam sifat-sifat Nabi. Dimana para Nabi selalu bersyukur kepada Allah atas nikmat yang telah diberikan. Walaupun dapat berbagai cobaan, mereka senantiasa bersyukur, itulah orang-orang yang termasuk golongan mulia.

Lain syakartum laazidannakum artinya


Lantas lain syakartum laazidannakum walain kafartum inna adzabi lasyadid artinya apa? Berikut penjelasan lengkapnya.

Lain Syakartum Laazidannakum Arab dan Artinya

Lain syakartum laazidannakum artinya "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu". Namun itu merupakan potongan ayat dari Al-Qur'an Surat Ibrahim ayat 7. Secara lengkapnya adalah sebagai berikut

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ
Latin : Wa iz ta`azzana rabbukum la`in syakartum la`azindannakum wa la`ing kafartum inna 'azabi lasyadid (QS. Ibrahim:7).

Artinya :
Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhammu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih (QS. Ibrahim:7).

Tafsir Surat Ibrahim Ayat 7

Musa berkata kepada mereka, "ingatlah manakala Rabb kalian memberitahu kalian secara pasti, jika kalian bersyukur kepada Allah atas nikmat-nikmat-Nya yang telah Dia berikan kepada kalian, niscaya Dia akan menambahkan nikmat dan karunia-Nya kepada kalian. Akan tetapi jika kalian mengingkari nikmat-nikmat-Nya atas kalian dan kalian tidak mensyukurinya, maka azab Allah atas siapa yang mengingkari nikmat-nikmat-Nya dan tidak mesyukurinya benar-benar berat".

Tafsir Al-Mukhtasar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

Musa berkata kepada mereka,"Dan ingatlah ketika Tuhan kalian memberitahukan dengan pemberitahuan yang tegas, jika kalian bersyukur kepadaNya atas nikmat-nikmatNya, pastilah Dia akan memberikan tambahan karunia kepada kalian, dan jika kalian mengingkari nikmat-nikmat Allah, niscaya Dia benar-benar akan menyiksa kalian dengan siksaan yang pedih."

Zubdatut Tafsir Min Fathul Qadir/Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

Mintalah sesuatu yang kedudukannya paling tinggi dan urutannya paling diimpikan oleh setiap orang namun semuanya harus dengan ketaatan kepada Allah; karena sesungguhnya Allah tidak memberikan kepada siapapun dari kebaikan-Nya kecuali dengan ketaatan kepada-Nya, dan barang siapa yang tetap berada di jalan yang diinginkan oleh Allah, niscaya Allah akan menjadikan penolong baginya untuk menggapai apa yang ia inginkan.
Referensi : https://tafsirweb.com/4053-quran-surat-ibrahim-ayat-7.html

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwasannya "lain syakartum laazidannakum" merupakan potongan ayat dari Surat Ibrahim Ayat 7 yang artinya "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu". Itulah arti lain syakartum laazidannakum arab yang bisa saya jelaskan. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Lain syakartum laazidannakum artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

© Copyright Diangpedia All Rights Reserved