Sifat Wajib Bagi Allah Arab dan Artinya - Diangpedia

Sifat Wajib Bagi Allah Arab dan Artinya

Sifat Wajib Bagi Allah

Sifat wajib bagi Allah adalah sifat yang ada pada Allah. Sifat wajib bagi Allah berjumlah 20, semua sifat wajib ini harus diyakini dan diketahui oleh setiap muslim. Maksud dari wajib menurut istilah adalah segala hal yang menurut akal pasti adanya atau tidak dapat diterima ketiadaannya. 

Sifat wajib merupakan salah satu dari tiga sifat Allah. Dua diantaranya adalah sifat mustahil dan sifat jaiz. Sifat mustahil adalah segala yang menurut akal pasti tidak ada atau tidak diterima adanya. Sedangkan sifat jaiz adalah segala hal yang menurut akal bisa saja ada maupun tidak,  atau diterima ada maupun ketiadaannya.

Berikut ini adalah sifat-sifat wajib bagi Allah beserta arab dan artinya. 

Sifat Wajib Bagi Allah

1. Wujud (Ada) 

Sifat yang pertama adalah wujud (ada). Sifat wujud atau dalam bahasa arab (ﻭﺟﻮﺩ) artinya Allah itu ada bukan karena ada yang menciptakannya, melainkan Allah itu ada dengan DzatNya. 

2. Qidam (Terdahulu atau Awal) 

Qidam atau bahasa arabnya (ﻗﺪﻡ) artinya terdahulu atau awal. Sebagaimana terdapat pada firman Allah pada surah Al-Hadid ayat 3 yang artinya "Bahwa Allah SWT adalah Dzat yang awal dan yang akhir, zhohir juga bathin". 

3. Baqa (Kekal) 

Baqa atau dalam bahasa arab (ﺑﻘﺎﺀ) artinya kekal. Maksud dari kekal adalah Allah itu kekal. 

4. Mukhalafatuhu Lilhawaditsi (Berbeda Dengan MakhlukNya) 

Mukhalafatuhu Lilhawaditsi atau bahasa arabnya (ﻣﺨﺎﻟﻔﺘﻪ ﻟﻠﺤﻮﺍﺩﺙ) artinya adalah berbeda dengan makhlukNya. Maksudnya adalah Allah berbeda dengan makhluk ciptaanNya. Allah adalah Dzat Yang Maha Sempurna dan tidak ada yang menyerupaiNya. 

5. Qiyamuhu Binafsihi (Berdiri Sendiri) 

Qiyamuhu binafsihi atau bahasa arabya (ﻗﻴﺎﻣﻪ ﺑﻨﻔﺴﻪ) artinya adalah berdiri sendiri. Maksudnya adalah Allah berdiri sendiri dan tidak membutuhkan bantuan dari makhluk lainnya. 

6. Wahdaniyah (Esa) 

Wahdaniyah atau dalam bahasa arab (ﻭﺣﺪﺍﻧﻴﺔ) artinya Esa. Maksudnya Esa bagi Allah adalah Esa dari segi DzatNya, sifatNya dan juga PerbuatanNya. 

7. Qudrat (Berkuasa) 

Qudrat atau (ﻗﺪﺭﺓ artinya kuasa atau berkuasa. Maksudnya kekuasaan Allah itu bersifat mutlak atau tidak ada batasnya serta tidak ada yang membatasinya. 

8. Iradah (Berkehendak) 

Iradah (ﺇﺭﺍﺩﺓ) artinya adalah berkehendak. Seperti pada firman Allah pada surah Hud ayat 107 yang mempunyai arti "Allah itu akan melaksanakan setiap hal yang dikehendakiNya. 

9. Ilmu (Mengetahui) 

Ilmu atau (ﻋﻠﻢ) artinya adalah mengetahui. Maksudnya adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. 

10. Hayat (Hidup) 

Hayat atau (ﺣﻴﺎﺓ) artinya adalah hidup. Maksudnya adalah Allah adalah Dzat yang hidup dan tidak akan pernah mati. 

11. Sama (Mendengar) 

Sama atau (ﺳﻤﻊ) artinya adalah mendengar. Allah dapaf mendengar apapun yang ada di bumi. Bahkan dengan suara sekecil apapun. 

12. Basar (Melihat) 

Basar atau (ﺑﺼﺮ) artinya adalah melihat. Hal ini mengacu pada firman Allah pada surah Al-Baqarah ayat 265 "Allah Maha Melihat atas apa yang dikerjakan oleh umatNya". 

13. Kalam (Berbicara/Berfirman) 

Kalam atau (ﻛﻼ ﻡ) artinya adalah berbicara/berfirman. Allah berfirman melalui kitab yang diturunkan pada Nabi serta RasulNya. 

14. Kaunuhun Qadirun (KeadaanNya yang berkuasa) 

Kaunuhun qadirun atau (ﻛﻮﻧﻪ ﻗﺎﺩﺭﺍ) adalah keadaan dari Allah yang berkuasa untuk mengadakan atau meniadakan. 

15. Kaunuhun Muridun (KeadaanNya yang berkehendak) 

Kaunuhun maridun atau (ﻛﻮﻧﻪ ﻣﺮﻳﺪﺍ) adalah keadaan dari Allah yang dapat menghendaki atau menentukan segala sesuatu dari makhukNya berupa nasib dan takdir. 

16. Kaunuhun 'Aliman (KeadaanNya yang mengetahui) 

Kaunuhun 'aliman atau (ﻛﻮﻧﻪ ﻋﺎﻟﻤﺎ) adalah keadaan Allah yang Maha Mengetahui apa yang telah terjadi dan yang akan terjadi.

17. Kaunuhun Hayyun (KeadaanNya yang hidup) 

Kaunuhun hayyun atau (ﻛﻮﻧﻪ ﺣﻴﺎ) adalah keadaan Allah yang hidup. Tidak pernah tidur dan tidak akan pernah tertidur. 

18. Kaunuhun Sami'un (KeadaanNya yang mendengar) 

Kaunuhun sami'un atau (ﻛﻮﻧﻪ ﺳﻤﻴﻌﺎ)  adalah keadaan Allah yang Maha Mendengar hambaNya, baik melalui do'a atau permintaan. 

19. Kaunuhun Basiran (KeadaanNya yang melihat) 

Kaunuhun basiran atau (ﻛﻮﻧﻪ ﺑﺼﻴﺭﺍ) adalah keadaan Allah yang Maha Melihat. Termasuk segala hal yang dilakukan oleh makhlukNya. 

20. Kaunuhun Mutakallimun (KeadaanNya yang berbicara) 

Kaunuhun mutakallimun atau (ﻛﻮﻧﻪ ﻣﺘﻜﻠﻤﺎ) adalah keadaan Allah berbicara melalui firman-firman Allah yang telah diturunkan kepada Nabi dan RasulNya. 

Itulah sifat wajib bagi Allah arab dan artinya. Demikian penjelasan kali ini, semoga bermanfaat. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sifat Wajib Bagi Allah Arab dan Artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

© Copyright Diangpedia All Rights Reserved