Allahummarhamna Bil Quran Arab dan Artinya - Diangpedia

Allahummarhamna Bil Quran Arab dan Artinya

Allahummarhamna Bil Quran

Allahummarhamna bil quran merupakan penggalan dari do'a khatam Al-Qur'an. Khatam Al-Qur'an adalah istilah yang digunakan seseorang yang telah menyelesaikan membaca Al-Qur'an mulai Surah Al-Fatihah sampai Surah An-Naas. 

Membaca Al-Qur'an menjadi salah satu amalan sunnah yang berlipat ganda bagi setiap muslim pada bulan ramadhan. Maka dari itu, banyak yang mengkhatamkan Al-Qur'an saat bulan ramadhan. 

Al-Qur'an terdiri dari 114 surah, 30 juz, dan 6236 ayat menurut riwayat Hafsh, 6262 ayat menurut ad-Dur, atau 6214 ayat menurut riwayat Warsy. Al-Qur'an terbagi menjadi 30 bagian yang dikenal dengan nama juz. Pembagian juz memudahkan untuk mengkhatamkan Al-Qur'an dalam 30 hari. 

Setelah mengkhatamkan Al-Qur'an, biasanya dilanjutkan dengan bacaan allahummarhamna bil quran atau do'a khatam Al-Qur'an. Berikut merupakan do'a khatam Al-Qur'an.

Allahummarhamna Bil Quran


Do'a Khatam Al-Qur'an

Allahummarhamna bil quran merupakan penggalan dari do'a khatam Al-Quran. Berikut merupakan do'a khatam Al-Qur'an. 

اَللَّهُمَّ ارْحَمْنِيْ بِاْلقُرْآنْ، وَاجْعَلْهُ لِيْ إِمَامًا وَنُوْرًا وَهُدًا وَرَحْمَةْ، اَللَّهُمَّ ذَكِّرْنِيْ مِنْهُ مَا نَسِيْتُ، وَعَلِّمْنِيْ مِنْهُ مَا جَهِلْتُ، وَارْزُقْنِيْ تِلاَوَتَهُ آنَاءَ الْلَيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارْ، وَاجْعَلْهُ لِيْ حُجَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمْيِنَ

Latin : Allahummarhamna bilqur'an. Wajalhu li imaman wa njran wa hudan wa rohmah. Allahumma dzakkirni minhu ma nasitu wa 'alimni minhu ma jahiltu warzuqni tilawatahu aana-allaili wa'atrofannahaar waj'alhu li hujatan ya rabbal 'alamin. 

Artinya :
Ya Allah, rahmatila aku dengan Al-Quran yang agung, jadikanlah ia bagiku sebagai panjtan, cahaya, dan petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah aku andai aku lupa akan ayat Al-Quran ajarkan aku dari padanya yang belum aku tahu dan anugrahkan kepadaku kesempatan untuk membacanya tengah malam dan siang hari dan jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan semesta alam. 

Itulah allahummarhamna bil quran yang ternyata merupakan penggalan dari doa khatam Al-Qur'an. Sekian penjelasan kali ini, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Allahummarhamna Bil Quran Arab dan Artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

© Copyright Diangpedia All Rights Reserved