Inna fatahna arab dan artinya - Diangpedia

Inna fatahna arab dan artinya

Inna Fatahna

Inna fatahna merupakan penggalan dari Al-Qur'an surah Al-Fath ayat 1. Surah Al-Fath merupakan surah ke 48 dalam Al-Qur'an, terdiri dari 29 ayat dan termasuk ke dalam surah Madaniyah. 

Al-Fath artinya kemenangan. Surah ini berisikan tentang kemenangan yang telah dicapai Nabi Muhammad SAW dalam peperangan. 

Nabi Muhammad SAW sangat gembira dengan turunnya ayat pertama dari Surah ini. Kegembiraan ini dinyatakan dalam sabda yang telah diriwayatkan Sahih Bukhari. Dari Nabi Muhammad Saw, "Sesungguhnya telah diturunkan kepadaku satu surat, yang surat itu benar-benar lebih aku cintai dari seluruh apa yang disinari matahari".(HR. Sahih Bukhari) 

Lantas apa arti inna fatahna? Berikut ini adalah penjelasan tentang arti dan tulisan arabnya.

Inna fatahna


Inna Fatahna Tulisan Arab dan Artinya

Inna fatahna merupakan penggalan dari ayat pertama surat Al-Fath. Berikut ini merupakan surah Al-Fath ayat pertama. 

إِنَّا فَتَحْنَا لَكَ فَتْحًا مُّبِينًا

Latin : Inna fatahma laka fat-ham mubina. (QS. Al-Fath:1)

Artinya :
Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata. (QS. Al-Fath:1)

Tafsir Surat Al-Fath Ayat 1

Sesungguhnya Kami telah memberikan kemenangan kepadamu -wahai Rasul- dengan kemenangan yang nyata dengan perjanjian Hudaibiyah. 

Tafsir An-Nafahat Al-Makkiyah/Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Kemenangan yang disebutkan di atas adalah perjanjian Hudaibiyah yaitu ketika kaum musyrikin mencegah Rasulullah yang hendak melaksanakan umrah sebagaimana yang tertera dalam kisah yang panjang. Di akhir kisahnya Rasullulah berdamai dengan mereka untuk tidak berperang di antara kedua belah pihak dalam waktu sepuluh tahun. Rasulullah umrah pada tahun mendatang, bagi siapapun yang ingin masuk dalam pihak Rasulullah dipersilahkan. Dampak baik dari perjanjian ini adalah ketika semua pihak saling memberi rasa aman satu sama lain, kawasan dakwah untuk agama Allah pun semakin luas, sehingga semua orang yang ingin masuk Islam di wilayah mana pun kala itu bisa melakukannya, dan dimungkinkan bagi yang memiliki tekad bulat untuk mendalami hakikat Islam. Kemudian pada waktu itu orang-orang pun masuk ke dalam Agama Allah secara bergelombang, dan karen itulah disebut oleh Allah sebagai kemenangandan juga kemenangan nyata, yaitu kemenangan yang jelas dan nampak. Karena yang dimaksudkan dari penaklukan negeri-negeri kaum musyrikin adalah agar Agama Allah tegak dan kaum Muslimin meraih kemenangan di mana hal ini tercapai dalam kemenangan tersebut. 
Referensi : https://tafsirweb.com/9713-quran-surat-al-fath-ayat-1.html

Itulah inna fatahna yang ternyata merupakan penggalan dari surah Al-Fath ayat pertama. Sekian penjelasan kali ini, semoga bermanfaat. 


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inna fatahna arab dan artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

© Copyright Diangpedia All Rights Reserved