Kullu Nafsin Dzaiqotul Maut Arab dan Artinya - Diangpedia

Kullu Nafsin Dzaiqotul Maut Arab dan Artinya

Kullu Nafsin Dzaiqotul Maut

Kullu nafsin dzaiqatul maut merupakan penggalan dari Surah Ali 'Imran ayat 185. Surah Ali 'Imran merupakan surah ketiga dalam Al-Qur'an. Surah ini terdiri atas 200 ayat dan termasuk dalam surah Madaniyah.

Dari permulaan surat ini hingga ayat delapan puluh tiga merupakan ayat yang turun berkenaan dengan delegasi Najran. Dinamakan Ali 'Imran karena memuat kisah keluarga 'Imran yang dalam kisah itu disebutkan kelahiran Nabi Isa, persamaan kejadiannya dengan Nabi Adam, kenabian dan beberapa mukjizatnya, serta disebut pula kelahiran Maryam binti Imran. Surah Al-Baqarah dan Ali 'Imran dinamakan Az-Zahrawan (Dua yang Cemerlang), karena kedua surah ini menyingkapkan hal-hal yang menurut Al-Qur'an disembunyikan oleh para Ahli Kitab, seperti kejadian kelahiran Nabi Isa dan kedatangan Nabi Muhammad SAW.

Surah Ali 'Imran ayat 185 membahas tentang sikap zuhud. Dalam surah Ali 'Imran ayat 185 terdapat dorongan untuk bersifat zuhud kepada dunia, dimana dunia itu tidak kekal dan fana. Dunia juga merupakan kesenangan yang memperdaya, nampak indah dan menyilaukan. Namun sesungguhnya ia akan binasa dan berpindah ke negeri yang kekal, negeri dimana amal manusia akan diberi balasan secara sempurna.

Kullu nafsin dzaiqotul maut arab dan artinya


Kullu nafsin dzaiqotul maut artinya "Tiap-tiap yang berjiwa pasti merasakan mati". Lantas bagaimana tulisan arab dan artinya? Berikut merupakan tulisan arab dan arti kullu nafsin dzaiqatul maut.

Surah Ali 'Imran Ayat 185

Kullu nafsin dzaiqotul maut merupakan penggalan dari surah Ali 'Imran ayat 185. Berikut merupakan Surah Ali 'Imran ayat 185

كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ ٱلْمَوْتِ ۗ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ ۖ فَمَن زُحْزِحَ عَنِ ٱلنَّارِ وَأُدْخِلَ ٱلْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا ٱلْحَيَوٰةُ ٱلدُّنْيَآ إِلَّا مَتَٰعُ ٱلْغُرُورِ
Latin : Kullu nafsin za`iqatul maut, wa innama tuwaffauna ujurakum yaumal-qiyamah, fa man zuhziha 'anin-nari wa udkhilal-jannata fa qad faz, wa mal-hayatud-dun-ya illa mata'ul-gurur

Artinya :
Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka ia sungguh beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yamg memperdaya".(QS. Ali 'Imran:185)

Tafsir Surah Ali 'Imran Ayat 185

Setiap jiwa, siapa pun ia pasti akan merasakan kematian. Maka hendaknya setiap makhluk tidak terlena dengan dunia ini. Dan kelak di hari kiamar mereka akan diberi balasan atas amal perbuatan mereka masing-masing secara penuh, tanpa ada pengurangan. Barangsiapa yang Allah jauhakan dari api Neraka dan Dia masukkan ke dalam Surga, sungguh dia benar-benar telah mendapatkan kebaikan yang ia harapkan dan selamat dari keburukan yang ia takutkan. Kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan sementara yang hanya diminati oleh orang-orang yang tertipu.

Tafsir Al-Mukhtasahar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid ( Imam Masjidl Haram )

Setiap jiwa pasti akan merasakan kematian. Dan dengan kejadian itu, seluruh makhluk akan kembali kepada Tuhan mereka untuk memperhitungkan amal perbuatan mereka. Dan sesungguhnya kalian akan memperoleh balasan sempurna atas amal perbuatan kalian secara penuh, tanpa ada pengurangan pada hari kiamat. Maka barangsiapa telah dimuliakan oleh Tuhanya dan Dia telah menyelamatkannya dari neraka, serta memasukkannya dalam surga, sesungguhnya dia telah menggapai puncak apa yang diinginkannya. Dan tidaklah kehidupan dunia itu, melainkan kesenangan yang akan sirna, maka janganlah kalian tertipu dengannya.

Tafsir Al-Muyassar / Kemnterian Agama Saudi Arabia

Allah mengabarkan bahwa setiap jiwa akan mengalami kematian, kemudian akan dibangkitkan pada hari kiamat untuk mendapat balasan amalannya dengan sempurna. Barangsiapa yang dijauhkan dari neraka dan dimasukkan surga maka ia beruntung. Dan dunia tidak lain hanyalah kenikmatan fana yang dihiasi oleh setan agar dapat menipu manusia.
Referensi : https://tafsirweb.com/1317-quran-surat-ali-imran-ayat-185.html

Itulah arti kullu nafsin dzaiqotul maut yang ternyata merupakan penggalan dari Al-Qur'an Surah Ali 'Imran 185. Sekian penjelasan kali ini dan semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kullu Nafsin Dzaiqotul Maut Arab dan Artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

© Copyright Diangpedia All Rights Reserved