Arti subhanallahi wa bihamdihi arab - Diangpedia

Arti subhanallahi wa bihamdihi arab

Subhanallah Wa Bihamdihi

Subhanallah wa bihamdihi merupakan kalimat dzikir yang sering kita baca dikala berdzikir. Dzikir atau dzikr menurut bahasa artinya ingat, sedangkan dzikir menurut istilah adalah sebuah aktifitas untuk mengingat Allah dengan maksud untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Diantara banyaknya kalimat thayyibah, yang dianjurkan untuk selalu dibaca dalam dzikir adalah subhanallah wa bihamdihi, subhanallahil adzim. Kalimat thayyibah adalah kalimat-kalimat yang baik dan akan mendapatkan pahala di sisi Allah SWT.

Dzikir setelah sholat sangat dianjurkan, karena dzikir merupakan sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Maka dari itu, sebagai muslim yang taat kita tidak boleh lupa untuk selalu berdzikir.

Lantas apa arti subhanallah wa bihamdihi? Berikut ini merupakan tulisan arab dan artinya.



Subhanallah Wa Bihamdihi Arab dan Artinya

Subhanallah wa bihamdihi merupakan bacaan dizikir. Subhanallah wa bihamdihi atau jika bacaan lengkapnya adalah subhanallah wa bihamdihi, subhanallahil adzim adalah salah satu dari kalimat thayyibah. Berikut adalah tulisan arab dan arti subhanallah wa bihamdihi, subhanallahil adzim.

سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ - سُبْحَانَ اللَّه الْعَظِيم

Latin : Subhanallah wa bihamdihi, subhanallahil adzim

Artinya :
Maha Suci Allah dengan segala puji bagi-Nya, Maha Suci Allah yang Maha Agung.

Hadits Tentang Subahanallah Wa Bihamdihi

Dzikir mengunakan kalimat atau lafadz "Subhanallah wa bihamdihi, subhanallahil adzim" merupakan salah satau lafadz yang banyak dianjurkan dalam hadits - hadits Nabi Muhammad SAW. Salah satunya adalah sebagai berikut.

Rasulullah SAW bersabda, "Dua kalimat yang ringan diucapkan lidah, berat dalam timbangan, dan disukai (oleh) Allah yang Maha Pengasih, yaitu kalimat subhanallah wa bihamdihi, subhanallahil adzim". (HR. Bukhari 7/168 dan Muslim 4/2072)

Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya sebaik-baik ucapan kepada Allah Subhanahuwata'allah adalah kalimat subhanallah wa bihamdihi". (HR. Muslim dan Tirmidzi)

Semua kalimat dzikir memang mempunyai arti yang baik. Tapi subhanallah wa bihamdihi, subhanallah hil adzim adalah kalimat yang paling ringan jika diucapakan dan disukai oleh Allah SWT.

Itulah subhanallah wa bihamdihi yang artinya adalah Maha Suci Allah dengan segala puji bagi-Nya. Sekian penjelasan kali ini, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Arti subhanallahi wa bihamdihi arab"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

© Copyright Diangpedia All Rights Reserved