Arti Ayat "Fain Tawallau Faqul Hasbiyallahu", Surat At-Taubah 129 - Diangpedia

Arti Ayat "Fain Tawallau Faqul Hasbiyallahu", Surat At-Taubah 129

Fain tawallau faqul hasbiyallahu merupakan penggalan dari surat At-Taubah ayat terakhir atau 129 yang artinya Jika mereka berpaling (dari keimanan), katakanlah (Nabi Muhammad), Cukuplah Allah bagiku. Ayat ini merupakan ayat terakhir dari surat At-Taubah yang berjumlah 129 ayat.

Ayat ini berisikan perintah dari Allah Subhaanahu wa Ta'aala untuk Nabi Muhammad untuk mengatakan kepada kaum kafir dan munafik yang tak kunjung beriman setelah didatangkan kepada mereka petunjuk.

Katakanlah kepada mereka, "Cukuplah Allah bagiku, dan Dia akan menolongku, tidak ada Tuhan yang disembah, selain Dia, hanya kepadda-Nya lah aku bertawakkal dan menyerahkan diri, dan hanya Dia lah yang mengatur dan mengurus alam semesta, Dia memiliki 'Arsy yang agung.

Surat At-Taubah

Fain-tawallau-faqul-hasbiyallahu-artinya

Surat At-Taubah merupakan surat ke-9 dalam Al-Qur'an. Mempunyai jumlah ayat sebanyak 129 yang terdapat pada juz 10 dan 11. Surat ini diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam di Madinah, jadi dapat disimpulkan bahwa surat ini termasuk ke dalam golongan surat Madaniyah.

Surat ini dimanakan At-Taubah yang artinya Pengampunan, lantaran kata At-Taubah berulang kali disebutkan dalam surat ini. Surat At-Taubah sendiri merupakan surat terakhir dari tujuh surat panjang yang ada dalam Al-Qur'an dan salah satu surat yang relatif besar dalam Al-Qur'an.

Perintah tegas untuk mrmutuskan hubungan dengan kaum musyrikin dan orang-orang munafik adalah salah satu kandungan dari surat ini. Dalam surat ini menyebutkan bahwa kaum musyrik dan orang-orang munafik ini sebagai najis. Meski demikian, pintu taubat tetap terbuka untuk mereka.

Fain Tawallau Faqul Hasbiyallahu

Fain tawallau faqul hasbiyallahu merupakan penggalan dari surat At-Taubah ayat terakhir atau 129 yang artinya Jika mereka berpaling (dari keimanan), katakanlah (Nabi Muhammad), Cukuplah Allah bagiku. Berikut ini adalah Arab, latin, dan artinya

فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِيَ اللّٰهُ

LatinFa in tawallau faqul ḥasbiyallāhu

Artinya: Jika mereka berpaling (dari keimanan), katakanlah (Nabi Muhammad), Cukuplah Allah Bagiku.

Maksud dari cukuplah disini adalah cukuplah Allah, tidak ada Tuhan selain Dia dan Dialah Rabb yang memiliki 'Arasy yang agung.

Surat At-Taubah Ayat 129

Fain tawallau faqul hasbiyallahu merupakan penggalan dari surat At-Taubah ayat 129. Berikut ini adalah Surat At-Taubah ayat 129 Arab, latin, dan artinya

فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِيَ اللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۗ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ

LatinFa in tawallau faqul ḥasbiyallāhu lā ilāha illā huw(a), ‘alaihi tawakkaltu wa huwa rabbul-‘arsyil-‘aẓīm(i).

Artinya:

Jika mereka berpaling (dari keimanan), katakanlah (Nabi Muhammad), “Cukuplah Allah bagiku. Tidak ada tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal dan Dia adalah Tuhan pemilik ‘Arasy (singgasana) yang agung.”

Tafsir Surat At-Taubah Ayat 129

Menurut Kementerian Agama Republik Indonesia, tafsir surat At-Taubah Ayat 129 adalah sebagai berikut:

Maka jika mereka berpaling dari keimanan dan menolak mengikuti ajaranmu wahai Nabi Muhammad, maka katakanlah kepada mereka "Cukuplah Allah bagiku, Dia yang akan membela dan melindungiku; tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal, yakni berserah diri setelag berusaha sekuat tenagaku, dan Dia adalah Tuhan yang memiliki, mencipta, dan mengatur 'Arsy singgasana yang agung."

Itulah artikel tentang "Fain tawallau faqul hasbiyallahu" lengkap dengan Arab, latin, beserta artinya. Sekian artikel kali ini, semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi pembaca.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Arti Ayat "Fain Tawallau Faqul Hasbiyallahu", Surat At-Taubah 129"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

© Copyright Diangpedia All Rights Reserved