Allahumma inni as aluka arab dan artinya - Diangpedia

Allahumma inni as aluka arab dan artinya

Allahumma Inni As Aluka

Allahumma inni as aluka merupakan penggalan dari hadits Ibnu Majah no 915. Biasanya allahumma inni as aluka dibaca ketika ba'da sholat subuh. Jika dipakai sebagai do'a setelah sholat subuh, maka bacaan nya adalah seperti ini.

"Allahumma inni as`aluka ilman naafi'an wa rizqan thayyiban wa 'amalan mutaqabbalan".

Bacaan ini merupakan penggalan dari hadits Ibnu Majah no 915. Hadits merupakan segala bentuk perkataan (sabda), perbuatan, ketetapan dan persetujuan dari Nabi Muhammad SAW yang dijadikan ketetapan ataupun hukum dalam agama islam. Hadits dijadikan sumber hukum dalam agama islam selain Al-Qur'an, Ijma dan Qiyas. Dimana hal ini, kedudukan hadits merupakan sumber hukum kedua setelah Al-Qur'an. Ada banyak ulama periwayat hadits, namun yang sering dijadikan referensi hadits-haditsnya ada tujuh ulama, yakni Imam Bukhari, Imam Muslim, Imam Abu Daud, Imam Turmudzi, Imam Ahmad, Imam Nasa'i, dan Imam Ibnu Majah.

Allahumma inni as`aluka ilman naafi'an wa rizqan thayyiban wa 'amalan mutaqabbalan juga merupakan do'a yang baik setelah ba'da sholat subuh. Do'a secara bahasa merupakan seruan, memanggil, atau mengucap. Sedangkan do'a menurut istilah adalah suatu permohonan atau permintaan serta ucapan yang ditujukan kepada Allah SWT.

Allahumma inni as aluka arab dan artinya


Lantas allahumma inni as`aluka ilman naafi'an wa rizqan thayyiban wa 'amalan mutaqabbalan artinya adalah? Berikut merupakan tulisan arab dan artinya.

Allahumma Inni As`Aluka Ilman Naafi'an Wa Rizqan Thayyiban Wa Amalan Mutaqabbalan

Setelah sholat subuh, baiknya kita membaca do'a untuk memulai segala aktivitas yang akan kita lakukan, agar selalu di-ridhoi oleh Allah SWT. Allahumma inni as aluka ilman naafi'an wa rizqan thayyiban wa amalan mutaqabbalan adalah do'a yang baik dibacakan setalah sholat subuh. Berikut merupakan tulisan arab dan artinya.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً
Latin : Allahumma inni as`aluka ilman naafi'an wa rizqan thayyiban wa amalan mutaqabbalan.(HR. Ibnu Majah no 915)

Artinya :
Ya Allah, aku memohon kepadaMu ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik dan amal yang diterima.(HR. Ibnu Majah no 915)

Haditsnya secara lengkap adalah sebagai berikut.

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا شَبَابَةُ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ مُوسَى بْنِ أَبِي عَائِشَةَ عَنْ مَوْلًى لِأُمِّ سَلَمَةَ عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ إِذَا صَلَّى الصُّبْحَ حِينَ يُسَلِّمُ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Artinya :
Telah menceritakan kepada kami [Abu Bakr bin Abu Syaibah] berkata, telah menceritakan kepada kami [Syababah] berkata, telah menceritakan kepada kami [Syu'bah] dari [Musa bin Abu 'Aisyah] dari [Mantan budak Ummu Salamah], dari [Ummu Salamah] berkata, "Ketika salam dalam shokat subuh Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam mengucapkan; "Allahumma inni as`aluka ilman naafi'an wa rizqan thayyiban wa 'amalan mutaqabbalan (Ya Allah, aku memohon kepadaMu ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik dan amal yang diterima)."(HR. Ibnu Majah no 915)

Itulah arti allahumma inni as aluka ilman naafi'an wa rizqan thayyiban wa amalan mutaqabbaan yang ternyata merupakan penggalan dari hadits Ibnu Majah no 915 dan memiliki arti "Ya Allah, aku memohon kepadaMu ilmu yang bermanfaat, rizki yang baik dan amal yang diterima. Sekian penjelasan kali ini. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Allahumma inni as aluka arab dan artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

© Copyright Diangpedia All Rights Reserved