Wama indallahi khoir arab dan artinya - Diangpedia

Wama indallahi khoir arab dan artinya

Wama Indallahi Khoir

Wama indallahi khoir merupakan ayat dalam Al-Qur'an dan penggalan dari surah Ali 'Imran 198, juga terdapat pada surah Asy-Syura ayat 36 dan Al-Qashash ayat 60.

Sebenarnya tulisan atau ejaan latinnya bukan wama indallahi khoir, namun yamg benar adalah "Wa ma 'indallahi khairuw". Namun kebanyakan lebih banyak menyebutnya dengan wama indallahi khoir. Wa ma 'indallahi khairu atau tulisan arabnya (وَمَا عِندَ ٱللَّهِ خَيْرٌ) artinya "Dan yang ada pada sisi Allah lebih baik". Maksud dari "Dan yang ada pada sisi Allah" adalah berupa pahala, ketaatan yaitu surga. Dan maksud dari "lebih baik" adalah lebih baik dari kenikmatan dunia.

Wama indallahi khoir arab dan artinya


Surah Ali Imran Ayat 198

Surah Ali 'Imran adalah surah ketiga dalam Al-Qur'an. Surah ini berisikan 200 ayat dan termasuk surah Madaniyah. Dari ayat pertama hingga ayat delapan puluh tiga merupakan ayat yang turun berkenaan dengan delegasi Najran. Kenapa dinamakan Ali 'Imran? Karena didalamnya berisi kisah keluarga Imran yang dalam kisah itu disebutkan kelahiran Nabi Isa, persamaan kejadiannya dengan Nabi Adam, kenabian dan beberapa mukjizatnya, serta disebut pula kelahiran Maryam binti Imran. Surah Al-Baqarah dan Surah Ali 'Imran dinamakan Az-Zahrawan (Dua Yang Cemerlang), karena kedua surah ini menyingkapkan hal-hal yang menurut Al-Qur'an disembunyikan oleh para Ahli Kitab, seperti kejadian kepahiran Nabi Isa dan kedatangan Nabi Muhammad.

Wama indallahi khoir merupakan penggalan dari surah Ali 'Imran ayat 198. Berikut merupakan ayatnya.

لَٰكِنِ ٱلَّذِينَ ٱتَّقَوْا۟ رَبَّهُمْ لَهُمْ جَنَّٰتٌ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ خَٰلِدِينَ فِيهَا نُزُلًا مِّنْ عِندِ ٱللَّهِ ۗ وَمَا عِندَ ٱللَّهِ خَيْرٌ لِّلْأَبْرَارِ

Latin : Lakinillazunattaqau rabbahum lahum jannatun tajri min tahtihal-an-haru khalidina fiha nuzulam min 'indillah, wa ma 'indallahi khairul lil-abrar.(QS. Ali 'Imran:198)

Artinya :
Akan tetapi orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya, bagi mereka surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya, sedang mereka kekal di dalamnya sebagai tempat tinggal (anugerah) dari sisi Allah. Dan apa yang di sisi Allah adalah lebih baik bagi orang-orang yang berbakti.(QS. Ali 'Imran:198)

Tafsir Surah Ali 'Imran Ayat 198 

Akan tetapi orang-orang yang bertakwa kepada Rabb mereka dengan menjalahkan perintah-perintahNya dan menjauhi larangan-laranganNya, mereka akan mendapatkan surga-surga yang di bawah istana-istananya mengalir sungai-sungai. Mereka akan tinggal di dalamnya untuk selama-lamanya. Itu adalah balasan yang disiapkan untuk mereka dari Allah Ta'ala. Dan apa yang Allah siapkan untuk hamba-hambaNya yang shaleh itu lebih baik dan lebih utama dibanding kesenangan duniawi yang dinikmati oleh orang-orang kafir.

Surah Asy-Syura Ayat 36

Surah Asy-Syura merupakan surah ke dua puluh enam dalam Al-Qur'an. Surah Asy-Syura terdiri dari 227 ayat dan termasuk dalam surah Makkiyah.

Wama indallahi khoir juga terdapat pada surah Asy-Syura, tepatnya pada ayat 36. Berikut ini merupakan surah Asy-Syura ayat 36.

فَمَآ أُوتِيتُم مِّن شَىْءٍ فَمَتَٰعُ ٱلْحَيَوٰةِ ٱلدُّنْيَا ۖ وَمَا عِندَ ٱللَّهِ خَيْرٌ وَأَبْقَىٰ لِلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَلَىٰ رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ

Latin : Fa ma utitum min syai`in fa mata'ul-hayatid-dun-ya, wa ma 'indallahi khairuw wa abqa lillazina amanu wa 'ala rabbihim yatawakkalun.(QS. Asy-Syura:36)

Artinya :
Maka sesuatu yang diberikan kepadamu, itu adalah kenikmatan hiduo didunia; dan yamg ada pada sisi Allah lebih baik dan lebih kekal bagi orang-orang yang beriman, dan hanya kepada Tuhan mereka, mereka bertawakkal.(QS. Asy-Syura:36)

Tafsir Surah Asy-Syura Ayat 36

Maka apa yang diberikan kepada kalian (wahai manusia) mulai dari harta, kedudukan dan anak, maka itu adalah kenikmatan kehidupan dunia semata, dan itu akan hilang terputus. Sementara kenikmatan yang abadi adalah kenikmatan surga yang disiapkan Allah untuk orang-orang yang beriman kepadaNya dan RasulNya serta bersandar hanya kepada Rabb mereka dalam setiap urusan mereka.

Surah Al-Qashash Ayat 60

Surah Al-Qashash merupakan surah ke dua puluh delapan dalam Al-Qur'an. Surah Al-Qashash terdiri atas 88 ayat dan surah ini diturunkan di Makkah setelah surah An-Naml.

Surah ini diturunkan ketika kaum muslimin masih dalam keadaaan lemah ketika mereka masih dibelenggu kekejaman kaum Musyrikin Makkah sebagai kuasa besar, mewah dan kuat. Maka, Allah menurunkan Surah ini sebagai perbandingan dengan riwayat Nabi Musa dengan kekejaman Fir'aun dan akibat dari kemewahan Qarun serta memberikan janji kemenangan Nabi Muhammad kelak.

Wama indallahi khoir juga terdapat pada surah Al-Qashash, tepatnya pada ayat 60. Berikut merupakan surah Al-Qashash ayat 60.

وَمَآ أُوتِيتُم مِّن شَىْءٍ فَمَتَٰعُ ٱلْحَيَوٰةِ ٱلدُّنْيَا وَزِينَتُهَا ۚ وَمَا عِندَ ٱللَّهِ خَيْرٌ وَأَبْقَىٰٓ ۚ أَفَلَا تَعْقِلُونَ

Latin : Wa ma utitum min syai`in fa mata'ul-hayatid-dun-ya wa zinatuha, wa ma 'indallahi khairuw wa abqa, a fa la ta'qilun.(QS. Al-Qashash:60)

Artinya :
Dan apa saja yng diberikan kepada kamu, maka itu adalah kenikmatan hidup duniawi dan perhiasannya; sedang apa yang di sisi Allah adalah lebih baik dan lebih kekal. Maka apakah kamu tidak memahaminya?.(QS. Al-Qashash:60)

Tafsir Surah Al-Qashash Ayat 60

Apa saja yang diberikan kepada kalian (wahai manusia) dari segala sesuatu berupa harta benda dan anak-anak, maka sesungguhnya itu hanyalah merupakan kenikmatan yang kalian bersenang-senang dengannya di kehidupan dunia ini dan merupakan penghias. Sedang apa yang di sisi Allah bagi orang-orang yang taat dan loyal kepadaNya adalah lebih baik dan lebih kekal; karena bersifat langgeng tanpa pernah habis. Maka apakah kalian tidak memiliki akal (wahai sekalian kaum) untuk merenung dengannya, sehingga kalian menjadi tahu antara kenaikan dan keburukan.

Itulah wama indallahi khoir yang artinya ternyata adalah "Dan yang ada pada sisi Allah lebih baik". Sekian penjelasan kali ini, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Wama indallahi khoir arab dan artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

© Copyright Diangpedia All Rights Reserved