Ya Ayyuhalladzina Amanu Ijtanibu Katsiron artinya - Diangpedia

Ya Ayyuhalladzina Amanu Ijtanibu Katsiron artinya

Ya Ayyuhalladzina Amanu Ijtanibu Katsiron

Ya ayyuhalladzina amanu ijtanibu katsiron merupakan penggalan dari Al-Qur'an Surat Al-Hujurat ayat 12. Al-Hujurat merupakan surah ke 49 dalam Al-Qur'an, terdiri atas 18 ayat dan termasuk ke dalam surah Madaniyah.

Allah memberi peringatan kepada orang-orang yang beriman supaya mereka menjauhkan diri dari prasangka terhadap orang-orang yang beriman. Jauhilah prasangka buruk terhadap manusia tanpa disertai bukti dan tanda-tanda.

Prasangka yang tidak disertai bukti akan menimbulkan fitnah dan menjerumuskan seseorang ke dalam perbuatan dosa. Dan sebagai muslim, kita harusnya tidak mencari-cari kesalahan orang lain yang sengaja ditutup-tutupi untuk mencemoohnya dan janganah diantara kalian menggunjing, yakni membicarakan aib, sebagian yang lain. Apakah diantara kalian yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kalian akan merasa jijik. Karena itu hindarilah pergunjingan karena itu sama dengan memakan daging saudara yang telah mati. Dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha penerima tobat kepada orang yang bertobat, Maha Penyayang kepada orang yang taat

Prasangka dalam islam terbagi menjadi dua bagian. Yaitu prasangka baik (husnudzon) dan prasangka buruk (suudzon). Lantas Ya ayyuhalladzina amau ijtanibu katsiron artinya? Berikut merupakan tulisan arab dan artinya.

Ya Ayyuhalladzina Amanu Ijtanibu Katsiron 

Ya ayyuhalladznia amanu ijtanibu katsiron merupakan penggalan dari surah Al-Hujurat ayat 12. Berikut merupakan Surah Al-Hujurat ayat 12

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱجْتَنِبُوا۟ كَثِيرًا مِّنَ ٱلظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ ٱلظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا۟ وَلَا يَغْتَب بَّعْضُكُم بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَن يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ تَوَّابٌ رَّحِيمٌ

Latin : Ya ayyuhallazina amanujtanibu kasiram minaz-zanni inna ba'daz-zanni ismuw wa la tajassasu wa la yagtab ba'dukum ba'da, a yuhibbu ahadakum ay ya`kula lahma akhihi maitan fa karihtumuh, wattaqullah, innallaha tawwabur rahim.

Artinya :
Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yabg suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertaqwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.(QS. Al-Hujurat:12)

Tafsir Al-Qur'an Surat Al-Hujurat 12

Wahai orang-orang yang beriman kepada Allah dan menjalankan apa yang disyariatkan! Hindarilah kebanyakan dari tuduhan tanpa ada sebab-sebab dan alasan yang tepat, karena sebagian dari prasangka itu dosa seperti berburuk sangka kepada orang yang secara lahir tampak baik. Janganlah kalian mencari-cari aib orang-orang yang beriman. Janganlah salah seorang dari kalian menyebutkan tentang saudaranya dengan hal yang tidak disukainya, karena menyebutkannya dengan apa yang tidak disukainya itu seperti makan bangkai saudaranya. Sukakah salah seorang di antara kalian makan bangkai saudaranya sendiri? Maka hindarilah menggunjingnya karena hal itu semisal makan bangkai saudaranya sendiri. Bertaqwalah kapada Allah dengan mengerjakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya, sesungguhnya Allah Maha Menerima tobat dari hamba-hamba-Nya yang bertobat kepada-Nya, Maha Penyayang kepada mereka.

Tafsir Al-Mukhtasar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

Wahai orang-orang yang membenarkan Allah dan RasulNya serta melaksanakan SyariatNya, jauhilah banyak prasangka buruk kepada orang-orang beriman, karena sesungguhnya sebagian dari dugaan tersebut adalah dosa. Jangan mencari-cari aurat (aib) kaum Muslimin. Jangan pula sebagian dari kalian berbicara tentang sebagian yang lain di belakangnya dengan sesuatu yang dia benci. Apakah seseorang di antara kalian mau makan daging saudaranya yang sudah mati? Kalian tidak menyukai itu. Maka tinggalkanlah ghibah. Takutlah kalian kepada Allah dalam perintah dan laranganNya. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat hamba-hambanNya yang beriman dan Maha Penyayang terhadap mereka.

Itulah arti Ya ayyuhalladzina amanu ijtanibu katsiron yang artinya hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka. Dan merupakan penggalan dari Al-Qur'an Surat Al-Hujurat ayat 12. Sekian penjelasan kali ini. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ya Ayyuhalladzina Amanu Ijtanibu Katsiron artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

© Copyright Diangpedia All Rights Reserved