Arti innallaha ghofururrohim arab - Diangpedia

Arti innallaha ghofururrohim arab

Innallaha Ghofururrohim

Innallaha ghofururrohim merupakan penggalan dari surah Al-Ma'idah ayat 39. Sebenarnya innallaha ghofururrohim terdapat banyak pada Al-Qur'an. Ada juga pada Surah Al-Baqarah ayat 192, Surah An-Nisa' ayat 105, namun yang akan kita bahas kali ini adalah Surat Al-Ma'idah ayat 39.

Surah Al-Ma'idah merupakan surah ke lima dalam Al-Qur'an. Surah Al-Ma'idah terdiri dari 120 ayat dan termasuk ke dalam surah Madaniyah. Sekalipun ada ayat-ayatnya yang turun di Mekkah, tetapi ayat ini diturunkan sesudah Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah, yakni sewaktu peristiwa Haji Wada'. Surah ini dinamakan Al-Ma'idah (hidangan) karena memuat kisah para pengikut setia Nabi Isa meminta kepada Nabi Isa agar Allah menurunkan untuk mereka Al-Ma'idah (hidangan makanan) dari langit (ayat 112). 

Lantas innallaha ghofururrohim artinya adalah? Berikut ini merupakan tulisan arab dan artinya

Innallaha ghofururrohim


Innallaha Ghofururrohim Arab dan Artinya

Innallaha ghofururrohim merupakan penggalan dari surat Al-Ma'idah ayat 39. Jika Innallaha ghofururrohim saja, maka tulisan arab dan artinya adalah sebagai berikut. 

إِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

Latin : Innallaha gafurur rahim
Artinya :
Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.  

Surat Al-Ma'idah Ayat 39

Berikut ini merupakan Surat Al-Ma'idah ayat 39. 

فَمَن تَابَ مِنۢ بَعْدِ ظُلْمِهِۦ وَأَصْلَحَ فَإِنَّ ٱللَّهَ يَتُوبُ عَلَيْهِ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ
Latin : Fa man taba mim ba'di zulmihi wa aslaha fa innallaha yatubu 'alaih, innallaha gafurur rahim. (QS. Al-Ma'idah:39)

Artinya :
Maka barangsiapa bertaubat (di antara pencuri-pencuri itu) sesudah melakukan kejahatan itu dan memperbaiki diri, maka sesungguhnya Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al-Ma'idah:39)

Tafsir Surat Al-Ma'idah Ayat 39 

Barangsiapa yang bertaubat kepada Allah dari tindakan mencuri dan memperbaiki perbuatannya, sesunggunya Allah akan menerima taubatnya sebagai anugerah dari-Nya. Karena Allah Maha Mengampuni dosa-dosa hamba-hamba-Nya yang bertaubat, lagi Maha Penyayang kepada mereka. Akan tetapi hukuman hudud tidak gugur dari mereka dengan pertaubatan tersebut bilamana urusannya telah sampai ke tangan pihak yang berwenang. 

Tafsir Al-Muyassar/Kementerian Agama Saudi Arabia

Maka barangsiapa yang menyesali perbuatan buruk yang telah lalu, mengejar kembali apa yang telah ia lewatkan, berhenti dari kezaliman, dan memperbaiki perbuatan-perbuatan buruknya, nisacaya Allah akan menerima taubatnya dan memperbaiki urusannya. Dia Maha Mengampuni segala dosa, meskipun dosa itu amat besar, dan Maha Menyayangi hamba-hamba-Nya yang bertaubat. Dan sebagaimana Allah telah menerima taubat orang yang bertaubat, maka hendaklah masyarakat juga menerimanya sebagai saudara yang baik dan anggota masyarakat yang bermanfaat, bukan malah mengucilkannya dari kehidupan bermasyarakat sehingga ia dapat kembali ke dalam jurang kejahatan dan bergabung dengan golongan orang-orang jahat karena dijauhi oleh orang-orang baik. Tidak ada pekerjaan baik yang dapat ia kerjakan, rumah yang dapat menampungnya, dan teman-teman yang dapat menggandeng tangannya menuju kebaikan.
Referensi : https://tafsirweb.com/1923-quran-surat-al-maidah-ayat-39.html

Itulah innallaha ghofururrohim yang mempunyai arti "Sesunggunnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Sekian penjelasan kali, semoga bermanfaat bagi kita semua. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Arti innallaha ghofururrohim arab"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

© Copyright Diangpedia All Rights Reserved