Ilallahi Marji'ukum Jami'an Arab dan Artinya - Diangpedia

Ilallahi Marji'ukum Jami'an Arab dan Artinya

Ilallahi marji'ukum jami'an merupakan penggalan dari surat Al-Ma'idah ayat ke-48 yang artinya Hanya kepada Allah kamu semua kembali. Umat-umat yang lalu dan yang akan datang, semua akan dikumpulkan menjadi satu pada hari yang telah ditentukan oleh Allah Subhaanahu wa Ta'aala.

Semua amal perbuatan akan dihisab pada hari itu. Dan Dia akan memberitahukan apa yang kalian perselisihkan dahulu dan Dia juga akan memberikan balasan yang setimpal atas perbuatan yang telah kalian perbuat.

Allah Subhaanahu wa Ta'aala telah menyampaikan hujjah-hujjah dan penjelasan-penjelasan kepada hamba-hamba-Nya ketika di dunia, dan di akhirat kelak Dia akan memberikan keputusan-keputusan mengenai mereka.

Sebelum membahas tentang "Ilallahi marji'ukum jami'an" Arab, latin, dan artinya, alangkah baiknya kita mengetahui tentang surat Al-Ma'idah terlebih dahulu.

Surat Al-Ma'idah

Ilallahi-marjiukum-jamian-artinya

Surat Al-Ma'idah adalah surat ke-5 dalam urutan Al-Quran dan terdiri dari 120 ayat. Surat ini adalah surat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shalllallahu 'alaihi wa sallam di Madinah setelah peristiwa hijrah. Jadi dapat disimpulkan bahwa surat ini termasuk ke dalam golongan surat Madaniyah.

Surat ini dinamakan Al-Ma'idah yang artinya Hidangan, lantaran kata "Maidah" disebut dua kali pada ayat 112 dan 114 yang berisi dialog tentang makanan langit dan turunnya hidangan langit sesuai permintaan dari Hawariyun dan sahabat Nabi Isa as.

Terdapat pula nama lain dari surat ini, yaitu Al-Uqud yang artinya Perjanjian, karena kata tersebut berada pada ayat pertama dan menyebutkan dimana Allah menyuruh agar hamba-hamba-Nya memenuhi janji terhadap-Nya maupun pernjanjian-perjanjian yang mereka buat terhadap sesamanya.

Ilallahi Marji'ukum Jami'an

Ilallahi marji'ukum jami'an merupakan penggalan dari surat Al-Ma'idah ayat ke-48 yang artinya Hanya kepada Allah kamu semua kembali. Berikut ini adalah Arab, latin, dan artinya

إِلَى ٱللَّهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيعًا

Latinilallāhi marji‘ukum jamī‘an

Artinya: "Hanya kepada Allah kamu semua kembali"

Semua dan tidak terkecuali, semua akan dikumpulkan kembali pada hari yang hanya Dia-lah yang mengetahuinya dan semua amal perbuatan akan dihisab, serta akan diberikan balasan yang setimpal atas semua amal perbuatan kalian di dunia.

Lalu Dia akan memberitahukan apa yang telah kalian perselisihkan dahulu dan akan memberikan balasan yang bagi masing-masing sesuai dengan perbuatannya.

Surat Al-Ma'idah Ayat 48

Dalam surat Al-Ma'idah ayat 48 inilah terdapat ayat "Ilallahi marji'ukum jami'an". Berikut ini adalah Arab, latin, dan artinya

وَاَنْزَلْنَآ اِلَيْكَ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ الْكِتٰبِ وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ وَلَا تَتَّبِعْ اَهْوَاۤءَهُمْ عَمَّا جَاۤءَكَ مِنَ الْحَقِّۗ لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنْكُمْ شِرْعَةً وَّمِنْهَاجًا ۗوَلَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ لَجَعَلَكُمْ اُمَّةً وَّاحِدَةً وَّلٰكِنْ لِّيَبْلُوَكُمْ فِيْ مَآ اٰتٰىكُمْ فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرٰتِۗ اِلَى اللّٰهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيْعًا فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ فِيْهِ تَخْتَلِفُوْنَۙ

Latin: Wa anzalnā ilaikal-kitāba bil-ḥaqqi muṣaddiqal limā baina yadaihi minal-kitābi wa muhaiminan ‘alaihi faḥkum bainahum bimā anzalallāhu wa lā tattabi‘ ahwā'ahum ‘ammā jā'aka minal-ḥaqq(i), likullin ja‘alnā minkum syir‘ataw wa minhājā(n), wa lau syā'allāhu laja‘alakum ummataw wāḥidataw wa lākil liyabluwakum fī mā ātākum fastabiqul-khairāt(i), ilallāhi marji‘ukum jamī‘an fa yunabbi'ukum bimā kuntum fīhi takhtalifūn(a).

Artinya: 

Kami telah menurunkan kitab suci (Al-Qur'an) kepadamu (Nabi Muhammad) dengan (membawa) kebenaran sebagai pembenar kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya dan sebagai penjaganya (acuan kebenaran terhadapnya). Maka, putuskanlah (perkara) mereka menurut aturan yang diturunkan kepada Allah dan janganlah engkau mengikuti hawa nafsu mereka dengan (meninggalkan) kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk setiap umat di antara kamu Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Seandainya Allah menghendaki, niscaya Dia menjadikanmu satu umat (saja). Akan tetapi, Allah hendak mengujimu tentang karunia yang telah Dia anugerahkan kepadamu. Maka, berlomba-lombalah dalam berbuat kebaikan. Hanya kepada Allah kamu semua kembali, lalu Dia memberitahukan kepadamu apa yang selama ini kamu perselisihkan.

Tafsir Surat Al-Ma'idah Ayat 48

Menurut kementerian agama Republik Indonesia, tafsir surat Al-Ma'idah ayat 48 adalah sebagai berikut:

Pada ayat-ayat yang lalu Allah menerangkan tentang diturunkannya Taurat dan Injil yang mengandung petunjuk dan cahaya, serta adanya kewajiban bagi umat masa itu untuk melaksanakan ajaran-ajaran-Nya. Dan Kami selanjutnya telah pula menurunkan Kitab Al-Qur'an kepadamu, Muhammad, sebagai Nabi terakhir, dengan membawa kebenaran yang hakiki, yang membenarkan sebagian isi dari kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya, yaitu Taurat, Zabur, dan Injil, dan menjaganya dari penyimpangan atau pengubahan yang dilakukan oleh orang-orang yang mencari keuntunan diri, maka putuskanlah perkara yang mereka perselisihkan menurut ketetapan dalam kitab-kitab yang diturunkan Allah itu dan janganlah sekali-kali engkau mengikuti kemauan dan keinginan nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Ketahuilah bahwasannya untuk setiap umat di antara kamu, di mana saja mereka berada, Kami berikan aturan bagi mereka masing-masing dan jalan yang terang sesuai dengan keadaannya. Kalau Allah menghendaki sesuai dengan kehendak-Nya, niscaya kamu semua akan dijadikan-Nya sebagai satu umat saja, tetapi Allah berkehendak lain, yaitu ingin menguji kamu terhadap karunia dan semua nikmat yang telah diberikan-Nya kepadamu, maka sebagai jawaban dari semua rahmat yang telah dilimpahkan itu, berlomba-lombalah untuk berbuat kebajikan. Ketahuilah bahawa hanya kepada Allah saja kamu semua akan kembali, lalu pada saat itu akan diberitahukan-Nya kepadamu apa saja yang dahulu pernah kamu perselisihkan pada saat menjalani kehidupan di dunia.

Itulah artikel tentang "Ilallahi marji'ukum jami'an" lengkap dengan Arab, latin, beserta artinya. Sekian artikel kali ini, semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi pembaca.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ilallahi Marji'ukum Jami'an Arab dan Artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

© Copyright Diangpedia All Rights Reserved