Wa Innaka La'ala Khuluqin Adzim - Diangpedia

Wa Innaka La'ala Khuluqin Adzim

Wa innaka la'ala khuluqin adzim merupakan ayat ke-4 dari surat Al-Qalam yang artinya sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung. Ayat ini menjelaskan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam adalah seseorang yang berbudi pekerti yang agung. Hal ini juga merupakan bantahan kepada orang musyirik yang menyebut bahwa Nabi Muhammad adalah orang gila.

Tuduhan sangat tidak beralasan sedikitpun, karena semakin baik budi pekerti seseorang semakin jauh pula jauh dari penyakit gila. Sebaliknya, jika seseorang mempunyai budi pekerti yang buruk, semakin dekat pula ia kepada penyakit gila.

Ayat ini menggambarkan tugas Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam sebagau seorang yang berakhlak mulia. Beliau diberi tugas menyampaikan agama Allah kepada manusia agar dengan menganut agama itu mereka mempunyai akhlak yang mulia.

Sebelum membahas tentang ayat "Wa innaka la'ala khuluqin adzim" Arab, latin, dan artinya, hendaknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang surat Al-Qalam.

Surat Al-Qalam

Wa-innaka-laala-khuluqin-adzim-artinya

Surat Al-Qalam adalah surat ke-68 dari urutan Al-Qur'an dan terdiri dari 52 ayat. Surat ini merupakan surat yang diturunkan kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam di Mekkah sebelum peristiwa hijrah, jadi dapat disimpulkan bahwa surat Al-Qalam termasuk dalam golongan-golongan surat Makkiyah.

Dinamakan Al-Qalam yang artinya Demi Pena karena pada ayat pertama surat ini berisi tentang pernyataan sumpah Allah Subhaanahu wa Ta'aala demi pena dan apa yang ditulisnya.

Nama lain dari surat ini adalah "Nun" atau "Nun wa Al-Qalam", karena dimulai dengan huruf muqattha'ah "nun" dan setelahnya dengan kata Al-Qalam.

Wa Innaka La'aala Khuluqin Adzim

Wa innaka la'ala khuluqin adzim merupakan ayat ke-4 dari surat Al-Qalam yang artinya sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung. Berikut ini adalah Arab, latin, dan artinya

وَاِنَّكَ لَعَلٰى خُلُقٍ عَظِيْمٍ

Latin: Wa innaka la‘alā khuluqin ‘aẓīm(in).

Artinya: Sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung

Ayat ini merupakan bantahan langsung dari Allah Subhaanahu wa Ta'aala tentang orang-orang musyrik yang menuduh bahwa Nabi Muhammad adalah orang gila. Orang-orang musyrik melemparkan tuduhan yang tak beralasan kepada Nabi Muhammad.

Tafsir Surat Al-Qalam Ayat 4

Menurut kementerian agama Republik Indonesia, tafsir ringkas surat Al-Qalam ayat 4 adalah sebagai berikut:

Dan sesungguhnya engkau (Nabi Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang luhur. Karena Tuhanmu yang mendidikmu dengan akhlak Al-Qur'an.

Itulah artikel tentang "Wa innaka la'ala khuluqin adzim" lengkap dengan Arab, latin, beserta artinya. Sekian artikel kali ini, semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi pembaca.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Wa Innaka La'ala Khuluqin Adzim"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel

© Copyright Diangpedia All Rights Reserved